Jambiline.com, Jambi – Pekan Olahraga Kota (Porkot) Jambi akan digelar pada tanggal 3-10 Agustus mendatang di stadion Persijam, KONI Kota Jambi. Ratusan atlet dari 11 kecamatan se Kota Jambi mulai mempersiapkan diri untuk berlaga dalam event perdana yang diinisiasi oleh KONI Kota Jambi ini.

Masing-masing kontingen akan bertarung sekuat tenaga untuk memperebutkan juara umum demi mengharumkan nama kecamatannya.

“Di Kecamatan sebenarnya tidak ada dana untuk kegiatan tersebut, tapi ini dibantu para Lurah se Kecamatan mensupport para atlet dengan pemberian puding pada saat pertandingan dan juga seragam untuk pawai pembukaan. Jadi apa yang kami support ini merupkan bentuk partisipasi demi mensukseskan Porkot Kota Jambi ini,” ujar Camat Jambi Timur, Rahmad.

Disampaikannya, dalam event ini, pihaknya telah menyiapkan atlet dari setiap cabor yang akan dipertandingkan.

“Kita lengkap, ikut semua Cabor, kita juga berkoordinasi dengan KONI Kota Jambi terutama kepada penanggung jawab tiap cabor, yang jelas Kecamatan siap support dalam bentuk dukungan materi maupun non materi,” katanya.

Hal senada juga disampaikan oleh kepala wilayah Kecamatan Jambi Selatan,  Darmawansah, dalam mensukseskan kejuaraan Porkot, selaku tuan rumah pihaknya telah berkoordinasi dengan KONI untuk menyiapakan jalannya pembukaan acara seperti pawai obor hingga berlangsungnya pertandingan sampai dengan selesai.

“Kita terus berkoordinasi dengan pengurus KONI kota Jambi dan juga panitia apa-apa saja yang perlu dipersiapkan, kita ingin Porkot ini sukses dan meriah,” ujarnya.

Terkait kesiapan atlet, Darmawasah memastikan bahwa pihaknya juga telah menyiapkan seluruh atlet-atlet yang akan ikut berlaga dalam setiap cabor Porkot.

“Insya Allah semua cabor kita ikuti,  atlet-atlet dari Jambi Selatan terus dilatih hingga nanti siap menghadapi lawan di Porkot nanti,” ujarnya.

Sementara itu, Camat Paal Merah, Mursidah menuturkan bahwa dirnya sangat mengapresiasi pelaksanaan Porkot, menurutnya Porkot merupakan cerminan dari Kota Jambi Terkini.

“Alhamdulillah dan saya sangat apresiasi sekali Porkot Jambi ini dilaksanakan, inilah bagian dari Kota Jambi terkini, melalui kegiatan ini kita dapat menjaring bibit-bibit atlet Kota Jambi yang berkualitas, sehingga olahraga Kota Jambi ini semakin maju,” tuturnya.

Turut disampaikannya, saat ini dirinya terus memantau kesiapan atlet yang akan bertarung.

“Saya terus memantau kesiapan atlet kita bahkan nanti insya Allah saya akan turun langsung menyaksikan jalannya pertandingan, inilah bentuk dukungan kita terhadap program pemerintah, salah satunya kegiatan olahraga seperti ini,” tandasnya.

Untuk diketahui Porkot Jambi perdana ini mempertandingkan lima cabang olahraga (cabor) dengan memperebutkan belasan keping emas.

“Lima cabor yang kita pertandingkan tahun ini sepak bola, voli, basket, catur, dan tenis meja. Tahun berikutnya akan kita tambah,” kata Budi Setiawan, Ketua KONI Kota Jambi.

Meski sedikit cabor yang dipertandingkan, Budi optimis hasilnya akan memuaskan baik dari segi prestasi hingga penyelenggaraan dan pembinaan.

“Tri sukses yang kita cari dalam porkot ini. Namun yang utamanya adalah prestasi. Karena mereka (atlet) nantinya yang akan mewakili Kota Jambi di porprov mendatang,” jelas pengusaha muda ini.

Budi menyebutkan lewat Porkot ini, pihaknya (KONI) juga dapat mengetahui pembinaan yang telah dilakukan kelima cabor tersebut.

Budi berharap kelima cabor dan kecamatan bisa mempersiapkan segala sesuatunya demi mensukseskan Porkot nanti.

“Porkot bukan antarklub maupun perorangan. Melainkan antar kecamatan, utusan (atlet) dari 11 kecamatan. Pak Walikota sangat mengapresiasi porkot yang akan kita gelar ini,” katanya.

Sementara itu, ketua panitia Porkot Jambi, Ardi Hutabarat mengungkapkan kelima cabor telah siap mengikuti Porkot Jambi. Panitia juga telah menyiapkan segalanya yang berkaitan dengan porkot. Mulai medali, venues, hingga acara pembukaan.

“Kita melibatkan semua pihak pada porkot ini. Termasuk pihak kecamatan yang menjadi kontingen porkot,” jelasnya. (hms/jl)

Komentar Akun Facebook