66 Hektare Lahan Karet Di Batanghari Akan Diremajakan

Jambiline.com,Batanghari – Pemerintah Kabupaten Batanghari melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan akan menyalurkan ribuan bibit karet untuk peremajaan karet yang telah berusia diatas 25 tahun.

Nurdin Sitanggang selaku Kabid produksi perkebunan mengatakan, bantuan bibit karet dalam program peremajaan karet ini merupakan dana dari APBD Batanghari 2017 dan di bantu dari APBD Provinsi Jambi.

” Dari APBD Batanghari dialokasikan untuk peremajaan 66 Hektare karet. Perkiraan satu hektare akan ditanami sebanyak 550 Batanghari karet ,” kata Sitanggang, Jumat (7/4).

Ia menambahkan selain bantuan bibit karet, petani juga akan dibantu untuk proses pembersihan lahan serta pemberian isentif sebesar Rp. 1 juta perhektare.

” Program ini diajukan tahun lalu saat harga karet anjlok dan banyak petani karet yang telah beralih menjadi petani sawit, makanya pemerintah berusaha tetap mempertahankan petani karet agar tahan dengan tanaman karetnya, ” jelasnya.

Dikatakannya, Desa Rantau Gedang, Kecamatan Mersam akan melaksanakan program ini dengan luas lahan karet 40 Hektare dalam satu hamparan dan sisanya di Desa Penerokan, Kecamatan Bajubang.

” Karena untuk proses pembersihan akan menggunakan alat berat, makanya diusahakan agar satu hamparan lahan,” terangnya.(RAS)

Komentar Akun Facebook

Berita Terkait