79 Hektar Lahan Padi Alami Fuso

Jambiline.com, Jambi – Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan provinsi Jambi, Ahmad Mausul, menyebutkan akibat curah hujan tinggi yang terjadi di Provinsi Jambi menyebabkan seluas 79 hektar lahan tanaman padi di Provinsi Jambi mengalami fuso atau gagal panen.

“Sampai sekarang ada 79 hektar padi yang dinyatakan fuso yakni padi diwilayah Barat seperti Bungo sementara di wilayah Ilir belum, mudah-mudahan tidak berdampak fuso,” Kata Mausul, Rabu (6/12).

Bukan hanya padi yang mengalami Fuso, tetapi Curah hujan yang tingi juga berdampak pada tanaman Cabe. “Untuk cabe terkena 5 hektar di kabupaten Muaro Jambi dan Batanghari,” jelasnya.

Saat ini, Kata Mausul, Pihaknya sedang melakukan pendataan terkait dengan Fuso tersebut, yang kemudian data tersebut akan diajukan kepada pemerintah pusat untuk memperoleh bantuan benih.

“Tiga bulan sebelum tanam sudah dimasukkan asuransi padi sehingga bisa diganti Rp. 6 juta per hektar dan tahapan lainnya kedepan diajukan mendapat bantuan benih nasional, nanti didata dan diajukan proposalnya ke pusat,” Pungkasnya. (Tresno)

 

Komentar Akun Facebook

Berita Terkait