Jambiline.com, Muaro Jambi – Penderita Infeksi saluran pernapasan Akut (ISPA) di Kabupaten Muaro Jambi saat ini sangat tinggi, diduga karena terkena kabut asap yang menyelimuti wilayah Kabupaten Muaro Jambi pada beberapa bulan terakhir hingga menyebabkan kualitas udara sangat bahaya.

Berdasarkan data dari dinas kesehatan Kabupaten Muaro Jambi setidaknya ada 8,373 orang sudah terserang ISPA. hal ini dikatakan oleh Afifudin Kepala Bidang Pencegahan penyakit menular Dinas Kesehatan Kabupaten Muaro Jambi.

Dirinya menjelaskan bahwa peningkatan ini terlihat berdasarkan data dari bulan Juni hingga Agustus 2019 terdapat peningkatan penderita ISPA yang sangat Signifikan.

“Pada bulan Juni setidaknya ada 2.507 yang terkena ISPA dari jumlah tersebut ada 1.088 kasus ISPA yang terjadi pada Balita sementara itu ada 1.419 kasus ISPA yang terjadi dengan kategori umur diatas balita,” tuturnya Rabu (18/9/19)

Selain itu dirinya menjelaskan pada bulan Juli ada 1.198 balita di Kabupaten Muaro Jambi yang terserang ISPA, Sementara untuk kategori di atas balita berjumlah 1.347 sehingga pada Juli di totalkan menjadi 2.545 kasus ISPA yang terjadi di Kabupaten Muaro Jambi.

“Sedangkan pada bulan Agustus meningkat lagi menjadi 3.321 Penderita ISPA dengan Klasifikasi yaitu balita ada 1.988 orang dan untuk kategori di atas balita ada 1.333 orang yang terserang Ispa,” ungkapnya

Lebih lanjut ia mengungkap kan untuk wilayah yang terpapar Ispa yang terparah yaitu wilayah Kecamatan Kumpeh Ulu, Kumpe Ilir dan Jaluko sedangkan sisanya tersebar ke seluruh kecamatan lain di Kabupaten Muaro Jambi. (Nda)

Komentar Akun Facebook