Wali Kota Fasha Harapkan Partisipasi Pemilihan Masyarakat 2018 Meningkat Di Atas Angka 80%

Jambiline.com, Jambi – Partisipasi pemilihan masyarakat di tahun lalu masih berada di angka 60 hinga 65 persen, Wali Kota Jambi DR. H. Syarif Fasha berharap, pada Pilkada Juni 2018 nanti partisipasi pemilihan tersebut bisa lebih meningkat.

“Jika pada sebelumnya partisifasi pemilih ada diangka 60 hingga 65 persen, tetapi pada pemilihan Wali Kota nanti kami harapkan bisa di atas angka 80 persen,” kata Fasha, saat ditemui sejumlah awak media usai dirinya memimpin rakor dan MoU NPHD Pengamanan Pilkada, Senin (22/1).

Dikatakan Fasha, saat ini data pemilih berdasarkan E-KTP yang dipengang oleh pihak KPU dari Kementrian Dukcapil sebanyak 438 ribu data pemilih.

Namun, dari data tersebut tidak menutup kemungkinan akan terjadi potensi penambahan pada data pemilih pemula.

Fasha menilai, pemilih pemula ini tidak hanya terdiri dari usia yang baru genap 17 tahun, tetapi bagi para TNI-POLRI yang baru pensiun dan baru melakukan perekaman di dukcapil.

“Dari data tersebut masih ada potensi data pemilih pemula, pemilih pemula ini tidak hanya dari anak yang baru genap berumur 17 tahun, tetapi pihak TNI-Polri yang baru pensiun dan saat ini baru melakukan perekaman di dukcapil dan ini merupakan pemilih pemula” jelas Fasha.

Sementara, terkait dengan Suket serta pemilih pemula yang jatuh tempo pada tiga hari sebelum dilaksanakan pemilihan dan itu dikatakan Fasha sudah dijawab oleh pihak KPU dan tetap akan diakomodir sebagai pemilih.

Begitupun dijelaskan Fasha, pihak KPU Kota Jambi memperbolehkan bagi potensi pemilih yang tinggal perbatasan, seperti tinggal kabupaten Muaro, namun memiliki KTP Kota Jambi.

“Bagi yang di perbatasan, tetapi sudah tinggal diwilayah kabupaten lain, seperti muaro jambi, namun masih memiliki KTP Kota Jambi, pihak KPU tetap memperbolehkan untuk memilih,” paparnya.

(JL)

 

Komentar Akun Facebook

Berita Terkait