Jambiline.com, Jambi – Komandan Kodim 0415/Bth, Letkol Widi Rahman seusai mengikuti Sholat Istisqo bertempat di lapangan bola kaki Desa Sipin Teluk Duren, Kecamatan Kumpeh Ulu, Kabupaten Muaro Jambi, Rabu (14/8/19) mengimbau kepada masyarakat untuk tidak sembarang membakar hutan di lahan yang kosong.

Disampaikan Letkol Widi Rahman, saat ini sudah memasuki musim kemarau dan kekeringan sehingga ketika ada seseorang baik sengaja maupun tidak sengaja membakar untuk membuka lahan yang berdampak kebakaran akan ditindak tegas.

Dirinya juga menegaskan tentang pengelolaan dan perlindungan lingkungan hidup tertuang dalam undang-undang yang mengatur yaitu UU nomor 41 tahun 2019 pasal 108 bahwa setiap orang yang sengaja membuka lahan dengan cara membakar maka akan ada sangksi hukumnya.

“Tidak hanya itu saja, ada ancaman hukuman bagi pelaku pembakaran hutan, yaitu akan didenda sebesar 3 Miliar dan ancaman hukuman minimal kurungan penjara 3 tahun paling lama 10 tahun,” tegas Widi.

Saat ditanya terkait pendinginan terhadap hutan dan lahan yang terjadi di wilayah kabupaten Muaro Jambi, Dandim 0415/BTH Letkol Widi Rahman menyampaikan, pihaknya bersama masyarakat serta Tim Lainnya tengah melakukan pemadaman terhadap titik api.

“Kita terus lakukan upaya pemadaman terhadap titik api (asap) yang masih tersisa serta kita terus lakukan pendinginan agar tidak kembali menyala,” ujarnya. (*/Tri)

Komentar Akun Facebook