Ketua KPU Kota Jambi, Yatno.

Jambiline.com, Jambi – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jambi menyebut hanya membantu tahapan Pemilihan Gubernur (Pilgub) tahun 2020 mendatang.

Hal ini karenakan posisi KPU Kota saat ini tidak melaksanakan Pemilihan Walikota (Pilwako) akibatnya beberapa tahapan seperti pencalonan merupakan ranah KPU Provinsi Jambi.

“Terkait tahapan Pilkada serentak ini, karena Kota Jambi tidak menyelenggarakan Pilwako, maka kita hanya diikut sertakan pada proses Pilgub,” ujar Ketua KPU Kota Jambi, Yatno.

Menurut Yatno, di Pilgub KPU Kota hanya bersifat membantu tahapan proses di Pilgub tahun 2020 mendatang, soal agenda terdekat adalah pembentukan badan adchok.

“Beberapa tahapan itu akan dimulai pada Januari, mulai pembentukan badan adchok PPK, PPS. Itu yang akan mungkin dilakukan di awal,” katanya.

Sementara, untuk proses pemuktahiran data pemilih, dikatakan Yatno, akan dilakukan setelah badan adchock dibentuk pada 27 maret sampai 16 April 2020.

“Kalau Coklit dari 17 April sampai 16 Mei, jadi memang waktunya lumayan masih lama,” jelasnya.

Bagaimana dengan daerah yang tidak menyelenggarakan Pilkada, tetapi ikut membantu tahapan Pilgub, seperti apa skema anggaran yang di siapkan? Soal ini, Yatno mengatakan, anggaran sepenuhnya di bebankan melalui KPU Provinsi Jambi.

“Terkait hitung-hitungan belum lah, karena ada beberapa kegiatan yang tidak dilaksanakan oleh Kota seperti pencalonan. Misalnya muncul calon perseorangan, paling lebih pada verifikasi, itupun muncul di Provinsi, hanya sebarannya saja yang di kota,” pungkasnya. (Fay).

Komentar Akun Facebook