Jambiline.com, Jambi – Beberapa pekan terkhir ini banyankanya pengguna media sosial terutama mereka yang menjadi pelanggan PDAM Tirta Mayang Kota Jambi menuliskan keluhan serta pengaduan yang ditujukan langsung kepada Walikota Jambi dan Dirut PDAM, akan perihal air PDAM yang kerap keluar bercampur lumpur bahkan mati hingga dua, tiga hari.

Menanggapi hal tersebut, Dirut PDAM Tirta Mayang Kota Jambi Erwin Jaya Zuchri, saat dikonfirmasi Jambiline.com melaui via Watshapnya mengatakan, bahwa macetnya aliran air PDAM beberapa pekan terakhir dikarenakan saat ini PDAM tengah melakukan perawatan dan perbaikan Instalasi Pengelolahan Air (IPA)  di beberapa tempat.

” PDAM memiliki beberapa tempat IPA, dan yang paling lama itu IPA Benteng yang harus direhab, karena kondisinya yang sudah tidak memungkinkan, dan itu akan dilakukan setelah IPA Broni 2 yang baru selesai,” jelasnya, Minggu (28/5)

Ditambahkannya, bahwa aktivitas perawatan tersebut akan menyebabkan kemungkinan berkurangnya debit air yang mengalir pada sebagian daerah. Jika pada kondisi normal debit air yang mengalir bisa sampai 30 liter per detik, pada masa perawatan, debit air yang mengalir akan dikurangi hingga 10 liter per detik.

Sementara itu terkait aliran air yang mengandung lumpur,  Erwin juga menjelaskan bahwa hal tersebut terjadi apabila adanya pemadaman listrik, yang berpengaruh pada matinya aliran air dan membuat endapan lumpur di saluran pipa.

“Apabila terjadi gangguan listrik air di pipa akan membawa endapan lumpur, dan pada saat listrik menyala kembali, endapan lumpur tersebut akan langsung terdorong. Hari ini saja ada pemadaman PLN lebih dari 20 jam yang tentu berpengaruh terhadap operasional PDAM,” tuturnya.

Ia berharap, agar masyarakat Kota Jambi bisa bersabar dan memaklumi akan hal tersebut.

Meski demikian, dikatakan oleh Erwin bahwa PDAM akan tetap siaga dan bertanggung jawab dalam memberikan solusi bagi pelanggan PDAM, salah satunya yakni berupa penyediaan air mobil tangki secara gratis.

“Kepada pelanggan yang terganggu kami siapkan air mobil tangki secara gratis, yang siap dihubungi melalui layanan telpon di 082269537029, 082369537058, atau 082376169898,” katanya.

” Gangguan atau komplain apapun silahkan hubungin nomor tersebut, kami pasti datang, tapi kalo nulis di facebook belum tentu kami tau,” pungkas Erwin. (Chun)

Komentar Akun Facebook