Jambiline.com, Batanghari – Kebakaran hutan yang sering terjadi saat musim kemarau, menimbulkan kabut asap, hal ini tentunya akan memicu timbulnya berbagai penyakit pernapasan seperti Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA) dan memperburuk mereka yang mengidap asma. Mencegah kebakaran hutan sudah diupayakan pemerintah dengan himbauan jangan membakar ketika membuka lahan. Dan mewaspadai terjadinya kebakaran karena faktor alam.

Namun meski Pemerintah Daerah terus mensosialisasikan hal tersebut, tetapi tetap saja ada oknum yang tidak bertanggung jawab membuka lahan dengan sengaja dibakar.

Menyikapi hal tersebut Pemerintah Kabupaten Batanghari melalui Dinas Kesehatan telah menginstruksikan seluruh Puskesmas dan Rumah Sakit untuk menyiapkan ketersediaan obat, Tabung Oksigen, dan Masker, hal ini bertujuan untuk menghadapi Kabut asap pada musim kemarau panjang ini.

“Kita telah mempersiapkan masker, obat – obatan, dan oksigen untuk mengantisipasi apabila kabut asap muncul pada musim kemarau ini,”Kata Elfie Yenni Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Batanghari.

Elfie mengatakan, masker tersebut akan dibagikan secara gratis kepada masyarakat apabila kondisi kabut asap di wilayah Batanghari pekat dan membahayakan kesehatan.

Dirinya juga menghimbau kepada masyarakat untuk menjaga pola hidup bersih dan sehat serta meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak terserang penyakit ISPA pada musim kemarau seperti ini.

“Peningkatan daya tahan tubuh dapat dilakukan dengan menjaga pola makan yang seimbang , dan beristirahat yang cukup,”ungkap Elfie.

Dengan pola hidup bersih dan sehat serta meningkatkan daya tahan tubuh maka akan terhindar dari berbagai penyakit yang kerap kali muncul pada saat musim kemarau ini.

“Jika beraktivitas di luar rumah rajin pakai masker, bila ada keluhan penyakit akibat asap, segera berobat ke fasilitas kesehatan terdekat,” Tegas Elfie. (Fer)

Komentar Akun Facebook