Jambiline.com, Muarojambi – Torch Relay Obor Asian Games, Jum’at (3/8) kemarin sekitar pukul 9.10 wib pagi, akhirnya tiba di Komplek Percandian Muarojambi.

Api abadi yang dibawa oleh tim Indonesia Asian Games Organizing Committee (INASGOC) dari Kantor Gubernur Jambi itu. Disambut dengan tarian sikapur sirih didepan gerbang komplek percandian oleh tim kesenian Daerah Kabupaten Muarojambi. Selanjutnya tiner box Api Abadi diserahkan ke Wakil Bupati Muarojambi Bambang Bayu Suseno, dan dibawa wabub dengan berlari kecil menuju Candi tinggi Muarojambi, tempat Bupati Masnah Busro akan menerima Api Abadi.

Sebelum kedatangan Api Abadi Asian Games ke candi Muarojambi, rombongan INASGOC pembawa Tiner Box juga sudah ditunggu ribuan pelajar dan Masyarakat Kabupaten Muarojambi disepanjang rute perjalanan menuju ke komplek situs peninggalan purbakala terluas di asia tenggara ini, Dengan mengibar ngibarkan bendera merah putih.

Kemudian, demi mengamankan kedatangan Api Abadi ini, pihak Polres Muarojambi menerjunkan sebanyak 118 anggota kepolisian yang terdiri dari satuan sabara, intelkam dan satreskrim.

Selesai Api Abadi disambut Bupati Muarojambi. Kemudian Api abadi ini kembali dibawa ke rumah dinas Gubernur Jambi yang selanjutnya akan dibawa ke bendara Sultan Taha untuk diterbangkan ke Provinsi Sumatera Selatan.

Dalam wawanca Bupati Muarojambi Masnah Busyro didepan sejumlah awak media usai acara penyambutan. Ia mengatakan, sangat bangga dan senang. Serta sangat mengapresiasi dengan kunjungan Api Abadi Asian Games ini ke Candi Muarojambi. Tentu dengan kunjungan tersebut bisa mempromosikan Candi Muarojambi serta budaya Kabupaten Muarojambi lebih luas lagi hingga ke kancah Internasional.

“Bangga sekali Candi Muarojambi menjadi rute kunjungan Api Asian Games tahun 2018. Tentu ini merupakan hal yang belum tentu akan terulang kembali, dan semoga dengan kunjungan Api Asian Games ke candi Muarojambi, Candi Muarojambi bisa lebih lagi dikenal di Dunia.” ucap Bupati.

Dalam dukungannya Masnah berharap, karena Indonesia sebagai tuan rumah pada Asian Game ke 18 tahun 2018 ini. Dapat membanggakan Indonesia dengan banyak meraih kemenangan di segala cabang olah raga.

“Semangat terus, semoga indonesia bisa sukses dalam pelaksanaan Asian Gamesnya dan dapat memperoleh berbagai kemenagan disegala cabang olah raga dirumah sendiri.” ungkap Masnah. (Nda)

Komentar Akun Facebook