Fachrul Rozi, Anggota Bawaslu Provinsi Jambi

Jambiline.com, Jambi– Guna mengoptimalkan pengawasan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jambi akan merekrut sebanyak 11.341 Pengawas TPS.

Pendaftaran pengawas TPS ini secara resmi mulai dibuka pada tanggal 11-21 Februari 2019 di seluruh sekretariat Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan se-Kabupaten/kota Provinsi Jambi.

“Sekarang masih dalam tahapan pengumuman, tanggal 11 sudah mulai proses pendaftaran untuk pengawas TPS, masing-masing 1 orang 1 pengawas TPS, jumlah keseluruham TPS adalah 11.341 TPS, artinya kami harus merekrut 11.341 orang pengawas TPS se Provinsi Jambi,” kata pimpinan Bawaslu Provinsi Jambi, Fachrul Rozi.

Dijelaskannya, beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk menjadi pengawas TPS yakni usia minimal 25 tahun, tidak terlibat partai politik, tidak termasuk tim kampanye dan harus berdomisili sesuai dengan alamat KTP yang dimiliki oleh calon pengawas TPS.

Selain itu para peserta juga akan melalui beberapa tahapan untuk bisa lolos menjadi pengawas TPS.

“Proses tahapan-tahapan yang dilakukan oleh Panwaslu kecamatan mulai dari tahap administrasi sampai nanti ke tahapan tes wawancaranya, ” terang Fachrul.

Setelah lolos tahapan dan resmi dilantik, para pengawas TPS akan langsung melakukan tugasnya selama 30 hari, 23 hari sebelum hari-H Pemilu dan 7 hari setelah Pemilu.

“Sesuai dengan undang-undang Nomor 7 Tahun 2017, dimana masa tugasnya pengawas TPS itu 23 hari sebelum hari-H dan 7 hari setelah hari H, nah kalau 23 hari sebelum hari-H maka 25 Maret 2019 itu sudah proses pelantikan.

“Tugas-tugas mereka nanti akan mengawasi seluruh rangkaian Pemilu, mulai dari tahapan kampanye, tahapan pendistribusian logistik, tahapan masa tenang, hingga tahapan pemungutan dan penghitungan suara,” tandas Fachrul Rozi. (CN)

Komentar Akun Facebook