Jambiline.com, – Kabar heboh hari ini beredar di sebuah akun Facebook yang menunjukkan foto anak-anak Pramuka yang melakukan kegiatan makan bersama tanpa alas. Tampak dalam foto ini makanan langsung diletakkan di atas rumput tanpa sedikitpun alas dan dimakan oleh anggota Pramuka tersebut.

Jika biasanya yang sering terjadi adalah makan beralaskan daun pisang atau yang lainnya, kali ini sangatlah jauh berbeda dengan foto yang viral dan membuat heboh ini.

Berbagai komentar pedas dari netizen pun sangat menyayangkan dan mengecam perbuatan pembina anggota Pramuka tersebut.

Menyikapi kejadian ini Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Indonesia Adhyaksa Dault langsung memberikan tanggapan tegasnya terkait fhoto yang kurang mendidik dan tidak beritika ini.

Berikut Isi pernyataan resmi Adhyaksa Daut dalam sebuah akun sosial :

Assalamualaikum Wr.Wb.
Salam Pramuka.

“Pagi ini (25/03/2017) di grup wa, saya menerima foto beberapa Pramuka makan bersama di suatu tempat, namun nasinya ditaruh di rumput tanpa alas. Saya cek, foto tersebut sudah menyebar di media sosial, dan mendapatkan kritik keras bahkan kecaman dari anggota Gerakan Pramuka.

Saya tegaskan ini bukan bagian dari pendidikan dan pembinaan di Gerakan Pramuka, saya sangat menyayangkan ini. Saya pastikan bahwa pembina kegiatan tersebut belum mengikuti atau memenuhi kualifikasi pelatih dan pembina Pramuka.

Sebagai informasi, setiap harinya, ada ribuan kegiatan Gerakan Pramuka dilaksanakan di sekolah-sekolah dan alam terbuka di seluruh Indonesia, dan semua kegiatan Pramuka itu mendidik, menggembirakan, menginspirasi serta menyenangkan, menguatkan persaudaraan anak-anak kita.

Saya sudah berkoordinasi dengan Kak Prof. Dr. Suyatno, M.Pd (Kepala Pusdiklatnas Kwarnas Gerakan Pramuka), Kak Prof. Dr. Ir. S Budi Prayitno, M.Sc (Wakil Ketua Kwarnas Bidang Pembinaan Anggota Muda), Dr. Susi Yuliati (Wakil Ketua Kwarnas Bidang Pembinaan Anggota Dewasa), dll.

Saya minta agar Panitia kegiatan tersebut ditegur dan diberikan pembinaan. Kejadian ini harus dijadikan pelajaran berharga, dan tidak boleh terulang kembali. Kita akan selesaikan ini dengan sebaik-baiknya. Paling lambat Senin, 27 Maret 2017, masalah ini sudah jelas duduk perkaranya dan selesai. Terima kasih saya haturkan kepada Kakak-Kakak Pramuka dan masyarakat atas masukannya untuk kebaikan dan kemajuan Gerakan Pramuka.”

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Salam Pramuka.
Jakarta, 25 Maret 2017.

Hormat saya, Kak Adhyaksa Dault (Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka)
(www.reportaseguru.com)

Komentar Akun Facebook