Beri Kemudahan Pendaftaran Haji, Pemkot Jambi Hadirkan Siskohat

Gedung Siskohat Kementrian Agama Kota Jambi

Jambiline.com, Jambi – Guna memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi warga kota Jambi dalam proses pendaftaran ibadah haji, Pemerintah Kota Jambi telah menghadirkan Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (SISKOHAT) pertama di Jambi. Peresmian gedung Siskohat ini sendiri dilakukan langsung oleh Wali Kota Jambi DR. H. Syarif Fasha pada Selasa (6/1) pagi, bertempat di halaman utama kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kota Jambi.

Turut hadir dalam peresmian ini Kakanwil Kemenag Provinsi Jambi, Drs. H. M. Thahir, Kepala Kemenag Kota Jambi, Drs. H. Rusli,  Ketua MUI Kota Jambi, Tarmizi, Ketua Lembaga Adat (LAM) Kota Jambi Azra’ai, Ketua Bazda Kota Jambi, para pimpinan biro haji dan umroh serta pimpinan Bank syariah yang tergabung dalam Siskohat.

Peresmian gedung Siskohat ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Wali Kota Fasha, pemotongan tali pita oleh pihak Kemenag, dan kemudian dilanjutkan dengan peninjauan ruang gedung oleh Wali Kota Jambi Syarif Fasha.

Pembangunan Gedung Siskohat merupakan bantuan dari pemerintah Kota Jambi lewat dana APBD 2017, Wali Kota Fasha berharap, gedung Siskohat dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh Kemenag dalam hal memberikan layanan terbaik bagi calon jamah haji.

“Ini adalah bentuk komitmen pemerintah Kota Jambi dalam upaya meningkatkan pelayanan haji warga Kota Jambi, harapan kami gedung ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh Kemenag Kota Jambi untuk mempermudah dan memberikan rasa nyaman bagi orang tua kita yang mau mengurus haji,” tutur Fasha.

Siskohat sendiri merupakan sebuah inovasi baru dalam memberikan kemudahan layanan haji, semua pelayanan pendaftarn haji terintegrasi dalam satu gedung.

“Jadi ini lebih terpadu, kalau dulu harus ke sana kemari melakukan proses pendaftaran hingga sampai dua hingga tiga hari, sekarang tidak, 20 sampai 30 menit selesai, karena semua ada di sini, baik itu perbankannya, pihak penyelenggranya, tempat berfotonya, ada di sini, jadi sangat mudah prosesnya,” jelas Fasha.

Sementara itu kepala Kemenag Kota Jambi  Drs. H. Rusli menyampaiakan ucapan terimkasih kepada pemerintah Kota Jambi yang telah membantu memberikan fasilitas kemudahan pelayanan ibadah haji, menurut Rusli, hadirnya gedung tersebut selain memudahkan pendaftaran haji, juga dapat membantu memaksimalkan proses pendataan calon jamaah haji dengan cepat dan akurat .

“Ya Alhamdulillah Siskohat ini sudah ada di Kota Jambi, ini satu-satunya dan pertama di Provinsi Jambi, tentu kita sangat berterimakasih sekali kepada pak Wali Kota selaku pemerintah Kota Jambi yang telah membantu membangun gedung ini, jadi silahkan kepada masyarakat  Jambi yang ingin melaksanakan ibadah haji, sudah bisa menabung dan menyetorkan dana haji di gedung Siskohat ini, tidak susah lagi antre di kantor Bank,” imbaunya.

(Chun)

 

 

Komentar Akun Facebook

Berita Terkait