Jambiline.com, Muarojambi, – Bupati Muarojambi Masnah Busyro. Senin (6/8/2018) sambut kedatangan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Iqnasius Jonan, pada peresmian sumur bor air bersih serta penyerahan lampu tenaga surya hemat energi di Desa Kemingking Dalam, Kecamatan Taman Rajo, Kabupaten Muarojambi.

Selain dihadiri Menteri ESDM, acara ini juga dihadiri Plt Gubernur Jambi, Fachrori Umar, unsur Forkompimda, Kapolres Muarojambi, AKBP Mardiono, dan kepala OPD di lingkup pemerintahan Kabaputen Muarojambi, serta masyarakat Kecamatan Taman Rajo.

Dalam sambutannya, Bupati mengutarakan rasa bangganya karena dalam peresmian sumur bor air bersih ini dihadiri langsung oleh mentri ESDM. Ia berharap agar tahun depan, jumlah titik sumur bor air bersih akan ditambah lagi. Menurutnya dengan adanya sumur bor air bersih ini tentu bermanfaat bagi masyarakat terutama di Desa Kemingking Dalam.

“Pemkab Muarojambi sangat bangga terhadap Menteri ESDM, Pak Iqnasius Jonan berkenan mengunjungi Muaro Jambi dalam persemian sumur bor air bersih dan penyerahan lampu tenaga surya hemat energi. Saya berharap mudah-mudahan di tahun 2019 jumlah titik sumur bor yang akan dibangun ditambah,” ujar Bupati Masnah.

Lebih lanjut Masnah menjelaskan, bahwa selama ini tentu Masyarakat Desa Kemingking sangat kesulitan dalam mendapatkan air bersih dengan koltur tanah bergambut seperti ini. Tentu dengan dengan adanya bantuan sumur bor dari Badan Geologi masyarakat merasa sangat terbantu.

“Pemerintah Pusat hanya bertugas membangun sumur bor sedangkan untuk perawatannya diserahkan ke Pemerintah Desa. Karena itu diharapkan kepala desa dan masyarakat merawat sumur bor ini sehingga bisa dipakai berkelanjutan dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

 

 

Sementara itu, dalam sambutannya, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Iqnasius Jonan mengatakan bahwa pada tahun 2018 ini direncanakan, ada 9 lokasi titik sumur bor di  Provinsi Jambi yang akan dibuat. dan sudah 2 titik yang selesai hingga saat ini.

“Sumur bor yg dibangun di Desa Kemingking Dalam Kecamatan Taman Rajo Kabupaten Muaro Jambi mempunyai kapasitas debit air sebanyak 2,0 liter perdetik, didukung genset 15 kilo watt dan  dengan bak penampung air  5000 liter,” jelasnya

Lebih lanjut Ia mengatakan, dengan adanya bantuan sumur bor air bersih dan lampu tenaga surya hemat energi diharapkan agar Masyarakat setempat dan semua pihak dapat menjaga dan merawat sumur tersebut dengan baik.

“Tapi mohon di rawat, sudah di bangun dirawat. Untuk penambahan atau jika butuh bantuan kalo bisa diajukannya cepat, supaya kita bisa mengalokasikannya juga cepat,” Pungkasnya. (Nda)

Komentar Akun Facebook