Bupati Batanghari, Syahirsah.

Jambiline.com, Muarabulian – Bertempat di Halaman Kantor Bupati Batanghari, pada Jum’at (26/04) pagi, Bupati Batanghari, Syahirsah, bertindak sebagai Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Otonomi Daerah Ke XXIII Tahun 2019. Turut hadir pada acara tersebut Sekda Batanghari, Bakhtiar, Para Forkopimda, Para Kepala OPD, Pengurus Dharma Wanita dan para tamu undangan lainnya.

Bupati Batanghari, Syahirsah, dalam pidatonya menyampaikan amanat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Thahjo Kumolo. Dirinya menyampaikan muara dari pelaksanaan otonomi daerah adalah terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan, serta partisipasi aktif masyarakat. Di samping itu diharapkan daerah mampu meningkatkan daya saing dengan memperhatikan prinsip demokrasi, pemerataan, keadilan, keistimewaan, kekhususan serta potensi keanekaragaman daerah.

Lanjutnya, ada tiga hal prinsip yang berubah secara drastis setelah diberlakukannya kebijakan desentralisasi dan otonomi daerah, yang pertama otonomi daerah secara nyata telah mendorong budaya demokrasi di tengah-tengah kehidupan masyarakat. Kedua otonomi daerah telah menumbuh kembangkan iklim kebebasan berkumpul, berserikat serta mengemukakan pikiran secara terbuka bagi seluruh masyarakat.

“Dan terakhir dengan desentralisasi yang telah berjalan selama ini, maka berbagai kebijakan yang menyangkut kepentingan masyarakat, tidak lagi harus melalui proses panjang dan berbelit-belit, tetapi menjadi sangat efisien dan responsif,” tutupya. (rhi)

Komentar Akun Facebook