“Celokote” Kue Khas Daerah Jambi Yang Siap Memanjakan Lidah Anda

Jambiline.com, Batanghari – Satu lagi kue khas daerah Jambi yang sangat menggugah selera, kue ini dapat membuat anda ketagihan dengan aroma pandannya yang sedap serta teksturnya empuk tentu akan memanjakan lidah anda.

Kue Celokote namanya, kue tradisional Jambi yang berasal dari desa Terusan Kabupaten Batanghari ini telah ada sejak puluhan tahun silam dan sempat menjadi primadona disemua kalangan masyarakat pada masa kejayaan.

Tak ayal kue yang berbentuk menyerupai pastel yang terbuat dari tepung ketan pilihan kualitas terbaik serta dipadukan dengan serutan kelapa muda yang dicampur dengan parutan gula aren murni pada bagian isi dalam kue celokote ini tentu akan membuat anda menemukan rasa yang unik di lidah anda.

Ibu Pauziah salah satu warga desa pasar Terusan ketika di jumpai oleh Jambiline.com di rumahnya mengatakan, bahwa kue ini telah ada sejak ia masih kecil ” iya kue ini telah ada sejak saya kecil, orang-orang tua dulu sering membuat kue ini terutama jika ada acara, ” terang ibu 52 tahun ini.

Selain itu dirinya juga mengatakan bahwa membuat kue ini tidak la susah bahkan di desa pasar Terusan juga banyak orang-orang yang bisa membuat kue ini karena kue ini merupakan resep turun temurun.

“Kalau untuk buat kue ini sebenarnya tidak susah, karena ini resep turun temurun dari orang tua dulu, dan di desa pasar Terusan sendiri masih banyak yang bisa membuat ku celokote ini” tambahnya.

Dan di tambahkannya ” nama Celokote ini sebenarnya ada artinya, tapi saya lupa apa artinya dari orang tua dulu ” timpalnya.

Namun sayang celokote yang lezat dan penuh dengan sejarah tak banyak masyarakat Jambi khususnya wilayah Kabupaten Batanghari yang tau betapa nikmatnya kue ini, hal ini dikarenakan telah banyak makanan modern dengan bentuk-bentuk unik yang masuk kepasaran.

Tapi walau bentuk kue Celokote ini sangat sederhana namun untuk rasa sangat istimewa di lidah, warga terusan mengakui bahwa kue celokote ini hanya ada di desa Terusan Kabupaten Batanghari Provinsi Jambi.

Dan kue yang lezat ini tak akan dapat Anda jumpai di daerah lain dan di outlet-outlet atau toko-toko yang menjual Kue.(RAS)

Komentar Akun Facebook

Berita Terkait