Jambiline.com, Jambi – Dinas Koperasi Dan UKM Provinsi Jambi kembali melakukan pendampingan kepada para UKM di Jambi, kali ini pendampingan dilakukan selama tiga hari mulai Sabtu hingga Senin di kediaman pelaku UKM di Kota Jambi, Rempeyek Ilham.

Workshop keterampilan desain kemasan makanan olahan di Kota Jambi ini kembali menghadirkan narasumber dari kota Bandung, yakni Mutiah Oktaviana dan Iis Imas Maskiah, keduanya merupakan penggiat UKM yang memiliki kesuksesan dalam usaha aneka kue, salah satunya adalah bolu Namina.

Workshop yang berlangsung selama tiga hari mulai Sabtu 25 November hingga senin 27 November 2017 ini diikuti oleh 25 peserta yang juga penggiat UKM di Kota Jambi. Workshop berlangsung di kediaman ibu Zaitun, pemilik usaha produksi rempeyek ilham.

Workshop ini dibuka oleh Kepala Dinas Koperasi Dan UKM Provinsi Jambi yang diwakili oleh Kepala Bidang Pemberdayaan UKM, J. Ilyas. Dirinya berharap, kehadiran instruktur dari kota kembang ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh para peserta.

Praktek pembuatan desain kemasan makanan olahan penting untuk disampaiakan kepada para UKM, mengingat kemasan adalah satu kesatuan yang turut menentukan kulitas makanan yang diolah, dimana kemasan yang berkulitas dan menarik akan menjadi nilai tambah pada penjulan produk tersebut.

Pada kesempatan ini, Mutiah Oktaviana memberikan materi praktek teknik potong plastic, praktek simpel standing aluminium foil dan praktek simpel standing kertas. Sedangkan Iis Imas Maskiah memberikan praktek pembuatan bolu peuyeum dan praktek pembuatan eggroll.

Sedangkan di hari kedua, pada Minggu 26 November 2017 para peserta diberikan materi praktek pembuatan bolu pisang dan nugget pisang. Selain itu, peserta juga mempelajari pembuatan kemasan tube, pembuatan kemasan kertas pembuatan goody ba, papper pouch dan juga handy bag.

Di tempat yang sama pada hari ketiga, instruktur Mutiah Oktaviana dan Iis Imas Maskiah juga memberikan materi kepada para peserta mulai dari praktek pembuatan dodol nanas, bolu batik, kemasan fleksibel dan praktek teknik potong plastik.

Mutiah Oktaviana memaparkan, packaging sangat penting dilakukan mengingat packaging saat ini bukan lagi sebatas alat komunikasi, tapi juga menjadi media untuk menampilkan ikatan emosi dengan konsumen saat mereka memutuskan membeli produk, sehingga dengan kemasan ini produk dapat dibranding dan meningkatkan nilai jual produk itu sendiri.

Selain memberdayakan UKM, perlindungan dan penguatan hasil produksi UKM baik kerajinan tangan maupun makanan olahan, Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jambi akan melakukan sinergitas dengan berbagai pihak guna memberikan akses kemudahan bagi UKM dalam berwirausaha. Diharapkan melalui pemberdayaan UKM di seluruh wilayah Provinsi Jambi, dapat membuka lapangan pekerjaan baru hingga membantu pemerintah dalam mengurangi angka pengangguran. (Chun)

Komentar Akun Facebook