Jambiline.com, Jambi- Walikota Jambi H. Syarif Fasha mengajak peran aktif anggota Pramuka Kota Jambi untuk menjadi pelopor penggerak anti Narkoba. Hal tersebut disampaikannya saat menghadiri dan membuka langsung secara resmi kegiatan Duta Anti Narkoba Pramuka Kwarcab Kota Jambi, Selasa (01/08), di ruang pola Kantor Dinas Walikota Jambi.

Kegiatan yang diikuti sebanyak 103 peserta ini mengusung tema  “Peduli Generasi Sehat dan Kreatif”. Kegiatan juga turut dihadiri oleh Kepala BNN Kota Jambi, dan Kepala Pengurus harian Kwarcab Kota Jambi M. Rivai.

Walikota Jambi H. Syarif Fasha yang juga selaku Ketua Pembimbing Kwarcab Kota Jambi mengatakan, kegiatan Duta Anti Narkoba adalah salah satu kegiatan yang penting dan patut untuk didukung, karena keberadaannya dapat membantu Pemerintah Kota untuk mendorong Kota Jambi bebas dari bahaya narkoba.

Selain itu lanjut Fasha, upaya pertama yang dapat dilakukan oleh Duta Anti narkoba yakni, melakukan pencegahan, “Untuk mencegah bahaya narkoba ini harus melibatkan semua pihak, tidak bisa dengan satu atau dua pihak saja. Kalau kita hanya mengandalkan Kepolisian dan pihak BNN saja, rasanya tidak mungkin narkoba ini bisa dibumi hanguskan di Bumi Tanah Pilih Pusako Betuah ini, maka dari ini kami bentuk Pramuka ini menjadi Duta anti narkoba di Kota Jambi ini, agar nanti bisa memberikan penyuluhan di setiap geberasi muda yang ada di Kota Jambi ini,” jelas Fasha.

Pembentukan Duta Anti Narkoba dari gerakan Pramuka sendiri adalah merupakan ide dari Walikota Jambi bersama pihak ketua Kwarcab, hal tersebut dilakukan dalam rangka menggerakan generasi muda Pramuka untuk bersama-bersam memberantas peredaran dan penyalahgunaan narkoba.

Tidak hanya sekedar dibentuk sebagai wadah gerakan anti narkoba, akan tetapi dalam memotivasi para Duta, Walikota Fasha juga akan memberikan insentif kepada setiap peserta pramuka yang tergabunga dalam Duta Anti Narkoba.

“Insentif ini sebagai penghargaan sekaligus sebagai motivasi bagi mereka, selain itu, nanti juga akan saya berikan hadiah kepada mereka yang paling banyak melakukan penyuluhan nantinya,” ujar Fasha.

Fasha berharap dari satu anak duta anti narkoba, bisa mengajak satu orang dari setiap temannya untuk tidak mencoba narkoba.

“Minimal satu anak dari duta narkoba ini, bisa mengajak satu orang saja dari temannya untuk tidak mencoba narkoba ini, sehingga dalam satu tahun itu sudah menyelamatkan 365 orang anak muda,” pungkasnya. (NOV)

Komentar Akun Facebook