Dua Pelaku Pencuri Pipa Pertamina Dibekuk Polisi

Jambiline.com, Jambi – Dua pelaku pencurian pipa besi milik PT. Pertamina yang diringkus anggota Ditreskrimum Polda Jambi, belum lama ini masih terus diperiksa. Keduanya adalah EM (47) warga Kecamatan Mestong, Kabupaten Muarojambi dan R (38) warga Kelurahan Kenali Asam, Kecamatan Kotabaru.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, ada ratusan batang pipa besi yang diamakan. Dengan ukuran diameter 2,78 inc dengan panjang 5 meter sebanyak 190 batang, pipa sucrot dengan panjang 2 meter sebanyak 179 batang. Lalu pipa Sucrot dengan panjang 7 meter sebanyak 19 batang, 4 buah mata gerinda pemotong besi.

“Barang bukti ini dijual ke Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan,” ujar Kabag Bin Ops Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Jambi, AKBP P Siregar kepada wartawan di Mapolda Jambi, Rabu (26/7).

Ia menjelaskan, kedua tersangka menggasak pipa besi bekas pengeboran dan penyaluran minyak mentah milik PT Pertamina di Kenali Asam pada siang hari menggunakan mobil, namun Ia memastikan tak ada keterlibatan dari pihak perusahaan.

“Mereka sudah beraksi tiga kali dalam tahun ini. Yang pertama dan kedua lolos. Semuanya dalam tahun ini,” jelasnya. Siregar menegaskan bahwa kedua tersangka bukan karyawan dari Pertamina.

Menurutnya, atas perbuatan tersangka, PT Pertamina menelan kerugian sekira Rp 40 juta. “Mereka disangkakan pasal 363 KUHP tentang curat. Ancaman diatas 5 tahun penjara,” pungkasnya.

Satu diantara tersangka, EM mengaku menjual pipa-pipa tersebut secara kiloan seharga Rp 4.000 per Kg-nya. “Yang pertama dapat Rp 5 juta. Yang kedua Rp 7 juta,” akunya. (RAS)

Komentar Akun Facebook

Berita Terkait