Jambiline.com, Jambi- Program inspiratif “Berbagi Kursi Roda Gratis Wali Kota Jambi” yang dipelopori oleh Wali Kota H. Syarif Fasha dilanjutkan kembali di awal bulan suci Ramadhan 1438 H. Sabtu (27/5), Wali Kota Fasha menyerahkan bantuan kursi roda gratis yang berasal dari gaji dirinya sebagai Walikota selama ini, kepada 4 orang penerima di 2 lokasi yang berbeda dalam wilayah Kota Jambi.

Puasa di bulan suci Ramadhan bukan menjadi halangan utama bagi Wali Kota yang terkenal sering turun langsung menyapa masyarakat ini untuk beraktifitas. Melalui momentum Ramadhan, program berbagi kursi roda gratis tersebut justru dimanfaatkannya untuk makin meningkatkan nilai ibadah dan menggapai sebesarnya rahmat dan berkah di mata Allah Swt.

Program inspiratif “Berbagi Kursi Roda Gratis Wali Kota Jambi”, merupakan trend baru yang lahir dan dihadirkan untuk menjawab kebutuhan sebagian masyarakat yang sangat membutuhkan, yaitu penyandang disabilitas yang ada di Kota Jambi. Kehadirannyapun selama ini sangat ditunggu dan disambut hangat oleh penerima bantuan dan masyarakat sekitar.

Bagi masyarakat, bantuan Walikota Jambi tersebut merupakan penyambung asa dan memberikan motivasi baru bagi penyandang disabilitas, yang selama ini hidup dalam berbagai keterbatasan. Hal tersebut tampak dan dirasakan langsung oleh Wali Kota Fasha ketika dirinya hadir menyapa masyarakat untuk menyerahkan bantuan tersebut.

Dilokasi penyerahan pertama, Wali Kota Fasha memberikan bantuan kursi roda gratis kepada Ibu Marnayati (52 Tahun), warga RT. 07 Kelurahan Penyengat Rendah Kecamatan Telanaipura. Sudah 15 tahun dirinya menderita kelumpuhan akibat penyakit stroke pasca kematian suaminya. Selama ini dirinya hidup berpasrah diri bersama kedua anaknya, dirumah yang sangat sederhana.

Bagai gayung bersambut, mendengar adanya program kursi roda gratis Wali Kota Fasha, masyarakat sekitar yang peduli dengan kondisi tetangganya tersebut, segera menyampaikan permintaan dan langsung dipenuhi oleh Wali Kota Fasha. Rasa haru bercampur bahagia tampak dari raut wajah ibu dari dua orang anak tersebut. Bagaimana tidak, seorang pemimpin Kota Jambi menyempatkan diri mengunjungi dirinya untuk menyerahkan bantuan yang sangat dibutuhkannya saat ini.

Kepedulian dan perhatian tetangga sekitar yang luar biasa kembali ditunjukkan pada saat Wali Kota Fasha menyerahkan bantuan dilokasi pertama. Masyarakat juga langsung melaporkan bahwa ada warga disekitar lokasi tersebut yang juga sangat membutuhkan uluran tangan kursi roda gratis dari Walikota Jambi tersebut.

Wali Kota Fasha pun langsung merespon laporan tersebut dan menuju kelokasi kedua. Adalah Firdaus warga RT 01 Kelurahan Penyengat Rendah, pria yang kini berusia 27 tahun tersebut, dahulu pada saat dirinya duduk kelas 2 SD, terserang step. Sejak saat itu dirinya mendadak mengalami kelumpuhan permanen.

Saat dikunjungi oleh Wali Kota Fasha, Firdaus mengaku sangat terkejut sekaligus bahagia. Terkejut karena tidak menyangka akan dikunjungi dan diberikan kursi roda oleh Walikota Jambi tersebut. “Dak ado yang ngasih tau sebelumnyo Pak, kalau Pak Wali mau ke rumah kami ni”. ujarnya.

Ungkapan syukur dan bahagiapun diungkapkan Firdaus kepada Wali Kota Fasha. Dirinya selama ini sangat mendambakan kursi roda tersebut untuk membantu dirinya hidup mandiri. “Terimo kasih banyak Pak, dengan ado kursi roda ni sayo biso mulai shalat Jumat di masjid Pak. Selamo ni sayo dak pernah ke mesjid lagi Pak”. Ujar Firdaus.

Dilokasi ketiga, Wali Kota Sy Fasha menyerahkan bantuan kepada Syamsumardi (52 tahun), warga RT.15 Kelurahan Kenali Asam Atas. Mantan kontraktor tersebut, 13 tahun yang lalu mengalami kecelakaan kerja, sehingga menyebabkan dirinya tidak dapat bekerja lagi untuk menafkahi keluarga. Hal tersebut berimbas terhadap merosotnya kondisi ekonomi keluarga, seiring dengan kelumpuhan dirinya sebagai kepala keluarga.

Menjadi kebahagiaan tersendiri bagi Bapak Syamsumardi, ketika dikunjungi oleh Wali Kota Jambi H. Syarif Fasha. Kesepian dirinya selama ini akibat kelumpuhan, seolah terobati dengan hadirnya orang nomor 1 Kota Jambi tersebut, yang berkenan memberi bantuan kursi roda gratis kepada dirinya.

“Saya ucapkan banyak terima kasih untuk Bapak Wali Kota Jambi, Pak Fasha. Kami doakan semoga Pak Fasha sukses kedepannya, karena kita butuh pemimpin yang mau melihat masyarakatnya. Terima kasih sekali lagi.” Ujar Syamsumardi.

Dilokasi terakhir, Wali Kota Fasha menyerahkan bantuan kursi roda gratis kepada Bapak Suryadi (60 Tahun), warga Lorong Kenari II RT. 03 Kelurahan Kenali Asam Atas Kecamatan Kotabaru Jambi. Beliau sejak 5 tahun lalu terbaring lemah tak berdaya dikarenakan kecelakaan terjatuh dari pohon disekitar rumahnya. Kondisi yang lemah menyebabkan Pak Suryadi tidak bisa berobat ke dokter. Wali Kota Fasha pun menginformasikan bahwa saat ini Pemkot Jambi telah mempermudah masyarakatnya yang memiliki kondisi permasalahan seperti Pak Suryadi tersebut.

“Sekarang berobat sudah tidak sulit. Sekarang sudah ada yang namanya layanan Home Care, petugas kami yang terdiri dari dokter dan perawat, dilengkapi dengan mobil berisi peralatan medis akan datang kerumah Bapak. Bahkan jika diperlukan layanan dokter spesialispun bisa dilakukan dari rumah dengan videocall. Silahkan hubungi nomor layanan 119, petugas kami akan segera datang dan layanan ini gratis”. Jelas Wali Kota Fasha.

Kehadiran Wali Kota Jambi H. Syarif Fasha di setiap kunjungannya menyapa masyarakat untuk memberikan bantuan kursi roda gratis, seringkali menjadi momen yang luar biasa antara pemimpin dan masyarakat yang dipimpinnya. Banyak hal menarik terjadi ketika Wali Kota Fasha berinteraksi dengan masyarakat yang dibantu, maupun masyarakat sekitar lokasi tersebut.

Seperti yang terjadi saat Wali Kota Fasha memberikan bantuan di kediaman Ibu Marnayati dan Pak Suryadi. Selain memperhatikan kondisi si penerima bantuan kursi roda dari dirinya, Wali Kota Fasha juga turut memperhatikan kondisi anak-anak penerima tersebut. Wali Kota Fasha seringkali menanyakan latar belakang pendidikan dan pekerjaan mereka. Bagi yang belum bekerja, Wali Kota Fasha bersedia membantu memfasilitasi mereka untuk mendapatkan pekerjaan sesuai dengan kompetensi yang dimiliki. Bahkan putri salah satu penerima bantuan tersebut yang merupakan lulusan FKIP Universitas Jambi, mendapat tawaran untuk mengajar privat anak Walikota Jambi tersebut.

Perhatian Wali Kota Jambi terhadap keseharian penerima bantuan pun, juga diperlihatkannya saat Wali Kota Fasha mendorong penerima bantuan kursi roda untuk tidak hanya berdiam diri didalam rumah, namun mengisi aktivitas sehari-hari dengan kegiata yang produktif. Wali Kota Fasha mencontohkan untuk memanfaatkan lahan kosong atau pekarangan disekotar rumah untuk ditanami tanaman yang memiliki nilai ekonomis dan mudah untuk dipelihara, seperti cabai.

“Kami akan bantu bibitnya, yang penting masyarakat kami penerima bantuan ini, dapat memanfaatkan waktunya untuk hal-hal yang produktif, bahkan menghasilkan, untuk membantu ekonomi mereka secara mandiri. Akan kita dorong dan kita support terus hal tersebut.” Tutup Fasha.

Sebagaimana diketahui, program bantuan kursi roda gratis Syarif Fasha dari gajinya sebagai Wali Kota itu juga bertujuan untuk memberikan motivasi bagi penyandang disabilitas dalam menggali potensi diri, karena tidak sedikit dari mereka memiliki kompetensi dan kreativitas. Oleh karenanya selain dukungan moril dari keluarga terdekat, pemberian kursi roda gratis itu diharapkan dapat membangun spirit untuk hidup mandiri. (*/JL)

Komentar Akun Facebook