Jambi- Wali Kota Jambi DR. H. Syarif Fasha, ME, menjadi inspektur upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-90 tahun 2018 di lapangan utama Balaikota Jambi (29/10).

Upacara yang berlangsung khidmat tersebut, diikuti seluruh jajaran Pemerintah Kota Jambi, Forkompimda, unsur TNI/Polri, Pelajar/Mahasiswa, organisasi kepemudaan dan organisasi kemasyarakatan.

Menariknya dalam setiap peringatan Hari Sumpah Pemuda yang berlangsung di Balaikota, telah menjadi tradisi hadirnya barisan pelajar yang mengenakan pakaian adat seluruh Nusantara, yang mencerminkan warna-warni keragaman suku bangsa dalam kebhinekaan bangsa Indonesia, yang akan terus terjaga dan lestari dengan baik di Kota Jambi hingga saat ini.

Wali Kota Jambi H. Syarif Fasha dalam amanahnya, membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia mengatakan, momentum Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 harus dimaknai sebagai upaya untuk mengokohkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa yang harus senantiasa terpelihara dan lestari hingga saat ini.

“Kita semua berhutang budi kepada para tokoh pemuda tahun 1928 yang telah mendeklarasikan Sumpah Pemuda sehingga menjadi pelopor pemuda untuk membangun kesadaran kebangsaan Indonesia sekaligus komitmen menjaga persatuan dan kesatuan negeri ini. Komitmen kebangsaan mereka harus kita teladani untuk membangun bangsa, satukan Indonesia,” ujar Fasha.

Fasha juga menyatakan bahwa perjuangan bangsa Indonesia dewasa ini jauh lebih sulit, karena berasal dari bangsa sendiri.

“Bung Karno pernah berpesan agar kita senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan dimasa yang datang, saat ini dan sampai kapanpun, karena musuh bangsa Indonesia masa kini berasal dari Bangsa Indonesia sendiri, saudara sendiri.
Kota Jambi saat ini hidup dalam ketenangan, jangan sampai kedamaian itu diusik oleh segelintir kelompok radikal dan ingin menggantikan Pancasila dan UUD 45 dengan paham radikal. Mari kita selalu waspada, jangan mudah terpengaruh atas hasutan dan berani katakan tidak akan radikalisme. Mari jadikan peringatan Sumpah Pemuda, sebagai momentum untuk memperkuat persatuan bangsa, melalui kekuatan generasi muda Indonesia,” tegas Fasha.

Dalam rangkaian kegiatan Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-90 di Balaikota Jambi tahun ini, Wali Kota Fasha turut pula menyerahkan hadiah pemenang lomba Kampung Bantar Periode Kedua dan bantuan pemerintah atas musibah bencana kebakaran yang terjadi di wilayah Kota Jambi beberapa waktu lalu.

Wali Kota Jambi turut pula menyerahkan apresiasi berupa piala dan hadiah kepada 3 besar Pemenang Camat Teladan Tingkat Kota Jambi Tahun 2018. Peringkat I Camat Teladan jatuh kepada Camat Pasar Jambi, Mustari Affandi, AP, Peringkat II kepada Camat Jambi Timur, Rahmat Sugiarto S.STP, dan Peringkat III, diraih oleh Camat Kotabaru, Feriadi, S.Sos. Peringkat I Camat Teladan, akan kembali berkompetisi dalam pemilihan Camat Teladan Tingkat Provinsi Jambi.

Ada yang berbeda pada peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-90 tahun ini. Rangkaian Peringatan Hari Sumpah Pemuda Tahun 2018 di Kota Jambi, diakhiri dengan Kirab Merah Putih Sumpah Pemuda, yang diikuti oleh seluruh peserta upacara. Dengan penuh semangat, seluruh peserta membawa Bendera Merah Putih dalam kirab Merah Putih kali ini. Kirab ini dilaksanakan sebagai simbol yang menggambarkan semangat pemuda pemudi Indonesia dalam menyongsong masa depan gemilang Indonesia. (hms/jl)

Komentar Akun Facebook