Jambiline.com, Jambi- Pada peringatan HUT RI ke-72, tahun 2017 yang berlangsung di Istana Merdeka, Kompleks Istana Kepresidenan, Kamis (17/8), ada pemandangan sedikit berbeda dibanding tahun sebelumnya, pasalnya ada 2 menteri RI yang mengenakan pakaian adat Jambi.

Ide penggunaan pakaian adat daerah Nusantara yang digagas oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) pada tahun lalu, dimana presiden ingin menyampaikan pesan keragaman Indonesia yang tetap harus dijaga dan dipertahankan.

Dalam Peringatan HUT ke-72 Republik Indonesia di Istana Negara, Presiden dan Wakil Presiden beserta Isteri, serta jajaran Menteri RI tampak menggunakan pakaian adat nusantara.

Tak terkecuali pakaian adat Jambi, juga turut mewarnai dan menjadi daya tarik tersendiri pada moment peringatan HUT RI tersebut. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU PR), Basuki Hadimuljono, dan istri menggunakan pakaian adat Jambi. Selain pakaian adat Jambi Menteri PU PR RI juga mengenakan Lacak Jambi, dan istrinya menggunakan Songket Jambi.

Bukan hanya itu saja, tampak Menteri Pertahanan, Jenderal Purnawirawan Ryamizard Ryacudu dan istri juga menggunakan pakaian adat Melayu. Meteri Pertahanan menggunakan pakaian adat Teluk Belango, sementara istrinya menggunakan Tengkuluk Jambi serta dibalut dengan berbagai perhiasan Jambi.

Digunakannya pakaian adat Jambi oleh kedua menteri tersebut beserta istrinya, selain membawa kebanggan bagi Provinsi Jambi, juga turut mempromosikan pakaian adat Jambi. (TS)

Komentar Akun Facebook