Jambiline.com, Jambi – Saat ini di Provinsi Jambi masih banyak kekurangan tenaga pengajar atau guru sebanyak 3.000 orang. Apalagi jumlah guru terus berkurang, pasalnya penerimaan guru sudah lama tidak dilakukan.

Kepala Bidang Pembinaan Guru dan Tenaga Pendidik (Kabid GTK) Dinas Pendidikan Provonsi Jambi Sofyan, mengatakan untuk mengatasi permasalahan tersebut, pihak sekolahpun telah mempekerjakan guru honorer. Namun hal tersebut juga menjadi kendala pihak sekolah untuk membayar gaji guru honorer.

“Terpaksa sekolah mengambil anggaran lain atau guru honorer tidak menerimah gaji bulanan,” jelasnya, Sabtu (8/9/2018).

Lanjutnya, pada penerimaan CPNS nantinya, jumlah penerimanya tidak sebanding dengan kekurangan tenaga pelajar saat ini. Pihaknya hanya menerima sekitar 300 guru sesuai dengan jumlah tenaga yang menasuki masa pensiun tahun ini. “Kalau untuk 3.000 guru anggarannya tidak memadai,” katanya.

Pengajuan penerimaan guru tahun ini. Sebenarnya sudah diajukan tahun lalu termasuk juga pengajuan tahun mendatang yang telah diajukan tahun ini. “Baru tahun berikutnya akan terealisasi penerimaannya,” pungkasnya. (Tri)

Komentar Akun Facebook