Jambi Siap Jadi Tuan Rumah Festival Olahraga Tradisional Tingkat Nasional XI Tahun 2018

Jambiline.com, Jakarta – Provinsi Jambi siap untuk menjadi tuan rumah lada ajang Festival Olahraga Tradisional Tingkat Nasional XI Tahun 2018.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, M.Dianto yang didampingi oleh Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jambi Wahyuddin telah memaparkan persiapan dan kesiapan Provinsi Jambi tersebut didepan Deputi III Pembudayaan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI, Raden Isnanta, bertempat di Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, Senin (22/01) kemaren.

Pada intinya Sekda menegaskan bahwa Provinsi Jambi siap menjadi tuan rumah Festival tersebut. Dan Provinsi Jambi akan mengikuti arahan Kemenpora terkait persiapan penyelenggaraan Festival itu yang akan diselenggarakan pada akhir Juni atau awal Juli 2018 mendatang.

Sekda mengatakan Deputi III Pembudayaan dan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga RI samgat menyambut baik ditunjukknya Provinsi Jambi menjadi Tuan Rumah Festival tersebut.

“Saya tadi telah menyampaikan kesiapan Provinsi Jambi untuk melaksanakan even nasional, yaitu menjadi Tuan Rumah Festival Olahraga Tradisional Tingkat Nasional XI Tahun 2018 di hadapan Bapak Deputi III. InsaAllah nanti secepatnya, dari pihak Kemenpora akan mengkaji kembali terkait waktu yang tepat untuk melaksanakan festival tersebut di Jambi,” jelasnya, Selasa (23/1).

Untuk tempatnya sendiri, Sekda telah mengajukan dua lokasi berbeda dalam kota Jambi, lokasi yang pertama di sekitaran Kantor Gubernur Jambi dan Lokasi ke dua yakni di Arena Eks MTQ yang berdekatan dengan Bandara Sulthan Thaha Jambi.

“Nantinya dari pihak Kemenpora RI akan berkunjung ke Jambi untuk melakukan survey dan persiapan segala sesuatunya, baik itu lokasi, penginapan, transportasi dan lainnya, guna melaksanakan Festival Olahraga Tradisional Tingkat Nasional XI Tahun 2018 di Provinsi Jambi. Festival ini semula direncanakan pada awal Bulan Mei, namun karena pertimbangan lainnya akan dilaksanakan pada akhir Juni atau awal Juli,” Jelasnya.

Deputi III Pembudayaan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, Raden Isnanta, mengatakan, tujuan diselenggarakannya Festival Olahraga Tradisional adalah untuk menarik kembali minat masyarakat terhadap olahraga tradisional yang sudah mulai ditinggalkan oleh masyarakat, seiring dengan perkembangan zaman saat ini.

“Kita harus lebih melestarikan dan lebih menggali lagi olahraga tradisional ini, banyak olahraga tradisional yang sudah dibakukan oleh Kemenpora, salah satunya gobak sodor, patuk lele, dan lainnya. Upaya dalam melestarikan olahraga tradisional ini memang menjadi problem seluruh dunia karena sudah banyak sekali ditinggalkan oleh masyarakat,” Kata Isnanta.

Dirinya menjelaskan, dalam menentukan olahraga tradisional ini, dilihat mana yang terbaik dan lebih mendekati dari nilai olahraganya daripada unsur seninya, yaitu lebih banyak menggunakan otot besar dan konsentrasi yang tinggi. Isnanta menambahkan, dalam upaya melestarikan olahraga tradisional ini, Menteripora menyarankan untuk adanya modifikasi tanpa mengurangi nilai tradisionalnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengembangan Olahraga Tradisional Deputi III Pembudayaan Olahraga Kemenpora RI, Amran mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Jambi yang telah memaparkan kesiapan dan bersedia menjadi tuan rumah Festival Olahraga Tradisional Tingkat Nasional XI Tahun 2018.

“Setelah melihat paparan yang disampaikan oleh Bapak Sekda Provinsi Jambi tadi, Bapak Deputi lebih tertarik dengan lokasi di seputaran Kantor Gubernur Jambi. Nantinya, kami beserta tim akan segera berkunjung ke Jambi untuk melakukan survey terkait Festival Olahraga Tradisional yang akan dilaksanakan di Jambi. Saya yakin, Festival Olahraga Tradisional tahun ini akan berjalan dengan lancar dan bisa lebih baik dari tahun yang sebelumnya,” Pungkas Amran.*

Komentar Akun Facebook

Berita Terkait