Jambiline.com, Jambi – Provinsi Jambi menjadi tuan rumah pada Festival Olahraga Tradisional Tingkat Nasional XI, direncanakan Festival tersebut akan dilaksanakan pada 7 juli besok.

Pemerintah Provinsi Jambi melalui Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Jambi Wahyuddin mengatakan persiapan untuk Festival tersebut sudah siap, dan tidak ada masalah.

“Persiapan tidak ada masalah dan sudah ditugaskan sesuai tugasnya masing – masing, dan rencananya kemaren kita melakukan gladi seperti drum band dan lain sebagainya itu sudah kita persiapkan,” Kata Wahyuddin, Jumat (6/7).

Lanjutnya, direncanakan pbukaan Festival tersebut akan langsung dibuma oleh Menpora, dan dihadiri oleh Deputi Pembudayaan Olahraga, dan Pimpinan Komisi X DPR RI.

Wahyudin menjelaskan pada Festival olahraga tradisional tersebut sifatnya menggali olahraga tradisional yang selama ini terlupakan eleh masyarakat karena tergerus dengan teknologi modern.

“Kita tidak memperlombakan beberapa cabang olahraga artinya festival olahraga ini sifatnya menggali olahraga – olahraga tradisional yang selama ini dilaksanakan namun tergerus oleh teknologi modern, Artinya olahraga tradisional yang selama ini hilang itu dimunculkan kembali,” jelasnya.

Untuk diketahui jumlah Provinsi yang sudah mendaftar untuk mengikuti festival tersebut sudah mencapai 22 Provinsi dan dalam penilaiannya ada dari beberapa unsur olahraga.

“Dalam penilaiannya nanti ada dari unsur olahraganya sekian persen, dan untuk sekarang ada 22 Provinsi yang sudah mendaftar dalam rangka mengikuti festival ini, untuk anggaran festival ini dari anggaran APBN, dan kita sifatnya hanya penyelenggara,” pungkasnya. (Tri)

Komentar Akun Facebook