Febri Diansyah & Basaria Pandjaitan (Foto:Puti Cinitya Arie Safitri/kumparan

Jakarta – KPK menetapkan 4 orang tersangka terkait tangkap tangan yang dilakukan di Jakarta dan Jambi. Mereka ditetapkan sebagai tersangka karena diduga terlibat tindak pidana suap terkait pengesahan RAPBD Provinsi Jambi tahun 2018.

“KPK meningkatkan status penanganan perkara ke penyidikan, serta menetapkan 4 orang sebagai tersangka,” kata Wakil Ketua KPK, Basaria Panjaitan, dalam konferensi pers di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (29/11).

Para tersangka itu adalah Plt Sekretaris Daerah Pemprov Jambi, Erwan Malik; Asisten III Pemprov Jambi, Saifuddin; Plt Kepala Dinas PUPR Provinsi Jambi, Arfan; serta Anggota DPRD dari PAN, Supriyono.

Mereka tertangkap tangan oleh KPK dalam OTT yang dilakukan di Jakarta dan Jambi pada Selasa (29/11) kemarin. Usai pemeriksaan sementara serta gelar perkara, KPK menemukan adanya indikasi telah terjadi tindak pidana suap yang melibatkan mereka.

Diduga telah terjadi suap dari Erwan, Saifuddin, dan Arfan kepada Supriyono. Suap diduga diberikan untuk memuluskan pengesahan RAPBD Provinsi Jambi tahun 2018.

Erwan, Saifuddin, dan Arfan selaku pihak pemberi dijerat dengan Pasal 5 Ayat 1 Huruf a atau Pasal 5 Ayat 1 huruf b atau Pasal 13 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Sementara Supriyono selaku pihak penerima dijerat dengan Pasal 12 huruf a atau Pasal 12 huruf b atau Pasal 11 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

 

Sumber : Kumparan.com

Komentar Akun Facebook