Erwan Malik

Jambiline.com, Jakarta – Kasus dugaan suap RAPBD Provinsi Jambi TA 2018 masih terus berlanjut, dan saat ini semakin terang benderang, pasalnya dari ucapan Mantan Plt Sekda Provinsi Jambi Erwan Malik mengaku hanya melakukan perintah atasannya.

Usai dilakukan pemeriksaan oleh KPK, Erwan tampak diam dan tak banyak bicara. Hanya Lifa Malahanum Ibrahim, selaku kuasa hukumnya yang memberikan keterangan.

Dirinya menjelaskan, kliennya hanya melaksanakan perintah atasannya. “Klien kami adalah plt sekda melaksanakan tugas sudah habis. Waktu tugas definitifnya 2 bulan sebelum yang kasus ini. Sekda yang definitif sudah lewat 2 bulan yang lalu diganti, jadi klien kami hanya menjalankan arahan dari pimpinan,” jelasnya,Rabu (3/1).

Ditanya apakah ada permintaan untuk mengesahkan RAPBD tersebut?, Dirinya mengatakan, Kliennya mengaku memang benar ada permintaan dari pihak DPRD.

“Permintaan itu berulang bahkan klien kami sampai dipanggil ke ruang kerja dari pimpinan (DPRD, red),” jelasnya.

Setelah mendapat permintaan tersebut, Kata Lifa, Kliennya langsung melaporkan hal tersebut kepada Atasannya yakni Gubernur Jambi.

“Tidak, langsung melapor kepada atasannya yaitu pak gubernur dan disitulah sebagai seorang pejabat Sekda yang Plt saja beliau menjalankan arahan untuk jangan permalukan saya,” katanya.

Ditanya apakah Gubernur Jambi memberikan kebijakan kepada klien terkait pengesahan RAPBD tersebut?, Lifa menyebutkan arahannya sangat jelas sekali. “Sangat jelas, jelas sekali,” ujarnya.

Kliennya juga mengaku mendapatkan intimidasi atau paksaan dari lihak DPRD, terkait pengesahan RAPBD itu.

“Benar demikian terjadi, tapi mungkin rilis dari KPK yang akan lebih menjelaskan, klien kami juga sudah terbuka semuanya sebelum klien kami memberikan keterangan lengkap hari ini terakhir untuk sebagai TSK, sebelumnya yang lain tersangka juga sudah membicarakan hal yang sama dan ada rekaman juga,” ujarnya.

Pada pemeriksaan kali ini, para tersangka tidak bisa berkelit sebab KPK juga membeberkan hasil penyadapan pembicaraan telepon. Bahkan Erwan Malik juga dimintain keterangan terkait hasil penyadaan telepon tersebut. “Betul,” Pungkas Lifa.

(TR)

Komentar Akun Facebook