Jambiline.com, Jambi –Ketua Umum Himpunan Psikologi (HIMPSI) Pusat Seger Handoyo, resmi melantik Nofrans Eka Saputra sebagai Ketua Umum HIMPSI Provinsi Jambi periode 2018-2022. Acara pelantikan sediri berlangsung di salah satu Hotel di Kota Jambi.

Acara dihadiri Sekjen HIMPSI Ayu Dini Nindyati, Wakil Walikota Jambi Maulana, Ketua PPNI Jambi, Ketua IAI serta tamu undangan lainnya.

Ketua Umum HIMPSI Pusat Seger Handoyo dalam sambutannya mengatakan, psikologi saat ini terus berkembang dan digunakan diberbagai instansi dan sektor. Seperti psikologi klinis, pemerintahan, militer, forensik, olahraga, psikologi kepolisian dan profesi psikologi lainnya.

“Saya berharap HIMPSI Jambi terus meningkatkan sinergitas dan menunjukkan perannya secara maksimal dalam berbagai aspek dan bidang. Selain itu juga berkolaborasi dengan asosiasi dan institusi terkait untuk berbagai program strategis dalam pembangunan,” harap Seger.

Sementara itu, Wakil Walikota Jambi Maulana, yang menyaksikan prosesi pelantikan pengurus HIMPSI Jambi dan secara resmi membuka kegiatan Sosialisasi Uji Kompetensi Profesi Psikolog menyatakan akan pentingnya keterlibatan Psikolog dalam proses mediasi untuk menekan angka perceraian di kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Jambi.

“Kedepan, saya ingin Psikolog dilibatkan untuk mediasi. Agar angka perceraian ASN di jambi bisa ditekan”, kata Maulana.

Wawako juga mengatakan atas nama pemerintah mengapresiasi penguatan organisasi profesi dan tentu mengucapkan terima kasih kepada pengurus yang lama.

“Saya ucapkan selamat kepada pengurus yang baru. Kami dari pemerintah berharap dapat bekerja sama dengan organisasi profesi ini dalam menyelesaikan masalah kejiwaan di masyarakat baik masalah pada anak, di sekolah, di rumah tangga. Peranan dari HIMPSI sangat kami harapkan untuk member manfaat di masyarakat,” kata Maulana.

Sementara itu, ketua HIMPSI Jambi Nofrans Eka Saputra, mengatakan untuk program psikologi, dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan workshop psokologi.

Untuk diketahui, HIMPSI merupakan organisasi profesi psikologi di Indonesia, didirikan di Jakarta pada tanggal 11 Juli 1959 dengan nama Ikatan Sarjana Psikologi, disingkat ISPsi. Sejalan dengan perubahan sistim pendidikan tinggi di Indonesia, melalui Kongres Luar Biasa pada tahun 1998 di Jakarta, organisasi ini mengubah nama menjadi Himpunan Psikologi Indonesia, disingkat HIMPSI.

Sebagai organisasi profesi, HIMPSI merupakan wadah berhimpunnya profesional Psikologi (Sarjana Psikologi, Magister Psikologi, Doktor Psikologi dan Psikolog). Sejak tahun 2003, lulusan program pendidikan profesi psikologi sudah setara dengan jenjang Magister. (Tri)

Komentar Akun Facebook