Jambiline.com,Jambi – Wakil Gubernur (Wagub) Jambi Fachrori Umar memantau pelayanan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) di Kabupaten Tebo Provinsi Jambi, Kamis (13/4). Sidak ini merupakan yang kedua kalinya dilakukan Wagub di kantor pelayanan yang menjadi sumber pendapatan asli daerah terbesar itu, setelah sebelumnya dilakukan di Kabupaten Bungo.

Pada kesempatan tersebut Wagub secara langsung menanyakan kepada sejumlah masyarakat yang sedang mengurus pajak kendaraan bermotor di Samsat Tebo, mengenai pelayanan yang mereka terima. “Kita ingin melihat bagaimana pelayanan di sini berjalan,” kata Wagub saat memantau pelayanan SAMSAT di Kabupaten Tebo, Kamis (13/4).

Selain memastikan pelayanan Samsat berjalan dengan baik, Wagub juga sempat menyoroti kebersihan kantor yang dinilainya masih harus kurang.  “Soal kebersihan ini harus diperbaiki lagi”, sebutnya.

Kepada kepala Samsat, Wagub meminta agar dapat meningkatkan kebersihan serta penataan tempat pelayanan. Selain itu Wagub juga menanyakan area jalan masuk kantor dengan kondisi tanah yang kotor tepat di halaman kantor Samsat.

“Kenapa tanah di sini gak dibersihkan, semestinya carilah solusi atau timbun dengan semen. Sehingga bisa lebih layak dan kantor tidak kotor. Kita harus berikan kenyamanan dan pelayanan sebaik mungkin kepada masyarakat yang datang membayar pajak di sini. Mereka adalah raja, karena dari mereka kita memperoleh pendapatan untuk membangun daerah kita ini,” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Wagub Fachrori Umar juga menyinggung upaya untuk memperbaiki kantor SAMSAT Tebo.

“Saya minta kinerja Kepala Kantor Samsat dan jajarannya harus bekerja lebih baik lagi dalam memberikan pelayanan kepada wajib pajak,” himbaunya.

“Saya lihat dari dulu kantor ini begini terus. Tidak pernah direnovasi. Padahal tiap hari banyak sekali wajib pajak yang harus dilayani di sini. Semestinya kantor pelayanan tersebut harus lebih baik dan menjaga kenyamanan para wajib pajak yang hendak berurusan di kantor ini,” tambahnya.

Disela-sela kunjungannya ,Wagub sempat menyinggung adanya banner lama tahun 2015 dengan visi-misi Jambi Emas. Wagub hanya menanggapi dengan tersenyum dan mengatakan “mungkin Samsat disini masih belum bisa Move On”.

Mendengar pernyataan tersebut, oleh petugas banner 2015 tersebut langsung dilepas dari dinding dan disimpan oleh staf kantor Samsat.

Sementara itu Kepala UPTD Samsat Tebo Elfrani mengatakan, akan berkoordinasikan ke Provinsi dan mengganti spanduk yang baru dengan Jambi Tuntas 2016-2021.

Elfrani mengaku bahwa dirinya baru menjabat sebagai kepala Samsat. “Saya baru menjabat selama 2 Minggu disini, jadi ini adalah masukkan yang bagus dan saya ucapkan terimakasih kepada Pak Wagub yang sudah berkenan mau berkunjung kesini,” ujarnya.

Ia juga berjanji akan melakukan evaluasi dari setiap krtikan dan masukan yang disampaikan oleh orang no dua di Provinsi Jambi tersebut. “Tadi kami juga sudah banyak mendengar arahan dari Pak Wagub, dan itu sebagai acuan dan evaluasi kami agar terus meningkat pelayanan kami kepada masyarakat,” pungkasnya. (PNJ)

Komentar Akun Facebook