Jambilie.com, Jambi- Kerusuhan yang terjadi di Lapas Kelas II A Jambi beberapa waktu lalu,  mengakibatkan aktifitas di lapas sedikit terganggu,  meski demikaian Syahbandar selaku Wakil Ketua DPR D Provinsi Jambi sangat mengapresiasi tindakan pemerintah, dan aparat penegak hukum dalam upaya penyelesaian kasus tersebut.

“Kita mengapresiasi upaya pemerintah dan penegak hukum untuk mengatasi permasalahan ini, seperti Kapolda, Danrem, Walikota, dan siapapun yang terlibat dalam mengatasi persoalan ini. Kita juga sangat menyesalkan kenapa ini terjadi di Jambi, karena tidak ada antisipasi dari awal”, ujar Syahbandar saat di konfirmasi di ruang kerjanya, Senin (06/03).

Ia juga menambahkan kerusuhan yang terjadi tidak jauh dari aktor provokator yang memicu insiden tersebut. “Kerusuhan ini pasti ada dalang dan provokatornya, ini harus dicari,  kenapa demikian,  karena mereka sudah siap sepertinya,  apabila terjadi sesuatu mereka segera bertindak, seakan­-akan ini sangat sistematis”, kata Syahbandar

Terkait beberap fasilitas yang rusak akibat sasaran amukan para napi, Ia mengatakan agar pihak berwenang untuk segera melakukan perbaikan, mengingat kondisi tempat tinggal para napi sekarang tergolong sudah tidak layak.

“Mesti harus segera ditata ulang kembali, ruangnya kan sudah terbakar, dan itu harus segera diperbaiki,  mereka harus ditempatkan di tempat yang sesuai dan layak, jangan ditumpuk­-tumpuk karena itu tidak manusiawi, harus di tata kembali”, tuturnya.

Ia berharap dari kejadian tersebut, adanya upaya dari semua pihak untuk  melakukan evaluasi agar kejadian serupa tidak terulang lagi.

“Evaluasi semua pihak harus dilakukan, menyangkut  kebijakan masing-masing, kalau kita saling bahu – membahu maka akan membaik dan permasalahan ini segera selesai”, pungkas nya. (PNJ)

Komentar Akun Facebook