Pemkot Jambi Sulap Kampung Kumuh Jadi Kampung Pelangi

Wali Kota Jambi DR. H. Syarif Fasha Foto Bersama Anak-Anak Di Kampung Pelangi (Eks Kampung Kumuh) Kelurahan Beringin, Pasar Jambi

Jambiline.com, Jambi – Komitmen Wali Kota Jambi DR. H. Syarif Fasha untuk menjadikan Kota Jambi sebagai kota pintar (Smart City) tampaknya bukan isapan jempol belaka. Berbagai langkah strategis terus diupayakan oleh orang nomor satu di Kota Jambi ini dalam menata wajah Kota yang indah dan tertib.

Salah satunya yakni upaya menata kawasan kampung kumuh di beberapa titik di Kota Jambi. Kurang lebih seluas 968 hektar kawasan kampung kumuh yang akan ditata oleh Pemkot Jambi bersama Satker Pengembangan Kawasan Permukiman (PKP) Provinsi Jambi.

“Pemerintah Kota Jambi setiap tahun mengusulkan kepada Menteri untuk menangani kawasan-kawasan kumuh yang memang sudah kami tetapkan memakai SK Wali Kota, lebih kurang 968 hektar kawasan kumuh di Kota Jambi ini, alhamdulillah setiap tahun dibantu oleh Kementerian PU kawasan-kawasan kumuh dengan alokasi dana sekitar 25 sd 30 Miliar dari dana APBN,” ujar Fasha saat melakukan peninjauan hasil pembangunan kampung kumuh di Kecamatan Beringin, Kota Jambi, Senin (12/2).

Turut dikatakan Fasha, salah satu kampung yang akan menjadi percontohan dalam upaya menata kawasan perkumuhan kota adalah Kelurahan Beringin, Kecamatan Pasar Jambi, dimana di kawasan tersebut akan disulap menjadi kampung pelangi.

“Sebelumnya juga sudah ada beberapa Kecamatan yang kita tata, dan tahun 2018 ini ada sekitar tiga Kecamatan, termasuk melanjutkan penataan di Kelurahan Beringin, ini akan kami tata menjadi kawasan Kampung Pelangi,” paparnya.

Disebut Kampung pelangi, karena kawasan tersebut dalam penataannya di perindah dengan cat warna-warni, serta gambar unik dan menarik yang berisikan pesan-pesan edukatif, mulai dari gambar 3D hewan, gambar pahlawan Jambi,  tokoh-tokoh Jambi, dan sejumlah pesan moral yang terpapang di rumah warga.

Selain itu kata Fasha, di kawasan tersebut juga akan dihiasi lampu penerang sebanyak 17 titik, “terkait lampu jalan yang bisa dipasang ada 17 titik nanti akan kami hidupkan, terkait masalah administrasi lampu Jalan nantinya menjadi tanggung jawab Kami,” katanya.

Fasha berharap, dengan ditatanya kawasan kumuh tersebut, dapat terciptanya suasana perkampungan yang aman, tertib nyaman dan asri.

“Mudah-mudahan apa yang kami lakukan bersma Satker PKP ini dapat bermanfaat dan mengangkat daerah sini, hingga tidak lagi menjadi kumuh, dan pesan kepada masyarakat yang sudah dibuat ini jangan dirusak, ingatkan kepada anak-anak jangan nanti ada coretan coretan di dinding.

Pembangunan kawasan kampung kumuh di Kota Jambi secara keseluruhan ditargetkan akan selesai pada tahun 2019.

“Pulau Pandan sudah, Tanjung Pinang sudah, begitu juga Tanjungsari, dan Beringin akan segera selesai, yang jelas ada lima Kecamatan termasuk seberang target sampai 2019, bantuan puasat dana APBN, dan juga dari Pemkot melalui dana APBD, ” pungkasnya.

(Chun)

Komentar Akun Facebook

Berita Terkait