Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Sungai Penuh, Muswadi Burhan.

Jambiline.com,Sungai Penuh – Pemerintah Kota Sungai Penuh menjamin ketersediaan beras masih mencukupi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat hingga Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriyah.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Sungai Penuh, Muswadi Burhan, dijelaskannnya, untuk stok beras di Kota Sungai Penuh tidak ada masalah, karena berdasarkan data dari Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan, ketersedian beras dari petani pada bulan Mei sebanyak 2.543 ton,  sementara kebutuhan beras untuk konsumsi masyarakat selama bulan Mei termasuk dalam memenuhi kebutuhan di Hari Raya Idul Fitri hanya berkisar 910 ton, dan hal ini menunjukan terjadinya surplus beras sebanyak 1.633 ton.

“masyarakat tidak perlu khawatir karena pasokan kebutuhan pangan khususnya beras masih mencukupi,” kata Muswadi, Jumat (22/5/2020).

 

Ia menambahkan, disamping stok beras yang diambil dari petani,  masyarakat yang terkena dampak Covid-19 juga sudah menerima bantuan dari Pemerintah Daerah berupa beras yang dipasok dari Perum Bulog Kerinci, berkisar 1.300 ton. Sehingga hal ini juga bisa membantu untuk memenuhi kebutuhan konsumsi beras bagi masyarakat Kota Sungai Penuh.

“sebelumnya masyarakat yang terdampak covid-19 kan juga sudah menerima bantuan dari Pemerintah Daerah berupa beras yang dipasok dari Perum Bolog Kerinci, sehingga ini juga bisa membantu,” tambahnya.

Sementra itu meski wabah Covid-19 belum reda, namun Pemerintah Kota Sungai Penuh memastikan tidak akan terjadi kelangkaan dan kenaikan harga beras menjelang Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriyah.

“kita bisa memastikan tidak akan terjadi kelangkaan dan kenaikan harga beras jelang Idul Fitri ini,” tutupnya. (Wnd)

Komentar Akun Facebook