Jambiline.com, Jambi – Pemerintah Provinsi Jambi telah menggalakkan Gerakan Peduli Mitigasi Bencana dalam rangka perlindungan dan optimalisasi fungsi danau, embung, waduk dan sumber air permukaan, yang dipusatkan di Danau Sipin, Buluran, Kota Jambi.

Dalam acara tersebut,  turut hadir Gubernur Jambi Zumi Zola, Plt Kepala Dinas PUPR Provinsi Jambi H. Arfan, Ketua DPRD Provinsi Jambi Cornelis Buston, Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera VI Nurfajri, Staf Ahli Menteri PU-PR Bidang Sosial Budaya dan Peran Masyarakat Baby Setiawati Dipokusumo, Sekda Kota Jambi Budidaya, Kepala OPD Provinsi Jambi serta para tamu undangan lainnya.

Gubernur Jambi Zumi Zola mengatakan, angka pertambahan penduduk akan mempengaruhi kondisi ekosistem lingkungan, seperti daerah yang ada aliran danau sipin. Oleh karena itu peran masyarakat diharapkan aktif melindungi kawasan industri hutan dan sungai serta danau dari ujung hingga hilir sungai, seperti embung, dan waduk sungai.

“Kepedulian kita kepada lingkungan sangatlah penting, kita temui yaitu daerah-daerah aliran seperti di danau Sipin. Banyak sekali sampah menumpuk dan yang harus kita lakukan adalah pengerukan selain itu juga sumber sumber mata air harus kita pelihara,” Kata Zola, Selasa (28/11).

Lanjut Zola, kedepan kawasan Danau sipin tersebut akan dijadikan objek pariwisata dan direncanakan untuk aktivitas olahraga dayung. Hal tersebut sudah disampaikan kepada Kementerian agar pembangunan di danau Sipin dapat dibantu.

“Pengajuan kami kepada Pak Menteri sudah kita sampaikan karena danau Sipin ini merupakan danau terbesar dan menjadi lokasi pariwisata serta untuk aktivitas olahraga dayung,” kata Zola.

Zola menambahkan, untuk pembangunan akan dilakukan secara bertahap dan melibatkan Pemerintah Kota Jambi.

“Jadi nanti berbagi pembangunannya secara bertahap seperti apa dan nanti kita libatkan Pemkot, Masyarakat juga akan kita libatkan, Pak Camat Nya,  Pak Lurahnya, Pak Kadesnya agar mengajak masyarakat untuk menanam pohon, satu keluarga satu pohon saja dan hari ini saja kita ada 2000 lebih pohon yang akan ditanam dan saya harapkan semangat ini akan diteruskan kepada masyarakat,” Pungkas Zola.  (TS)

 

Komentar Akun Facebook