Jambiline.com, Jambi – Kapolresta Jambi AKBP Fauzi Dalimunthe menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada peringatan hari Lahir Pancasila yang ke 72 tahun 2017, bertempat di lapangan Hijau Polresta Jambi, Kamis (1/6).

Dalam upacara tersebut, tampak hadir Wakapolresta Jambi AKBP Sri Winugroho, para Kabag, Kasat, Kasi dan Kapolsek serta personil, Asn Polresta Jambi dan jajarannya.

Dalam amanat Presiden yang dibacakan langsung oleh Kapolresta Jambi AKBP Fauzi Dalimunthe mengatakan upacara ini bertujuan untuk meneguhkan komitmen bangsa Indesesia, agar bangsa Indonesia lebih mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai – nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

“Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan yang prosesnya dimulai dari rumusan pancasila tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan oleh Ir. Soekarno, Piagam, Jakarta tanggal 1 Juni 1945 dan rumusan final pancasila pada tanggal 18 Agustus 1945, ” kata Kapolresta Jambi, AKBP Fauzi Dalimunthe, Kamis (1/6).

Lanjut Kapolresta, mengingat di Negara Indonesia hidup berbagai keberagaman etnis, bahasa, adat, agama, dan kepercayaan dari Sabang sampai Merauke dari Miangas sampai Pula Rote.

Maka dari itu, Negara Indonesia harus belajar dari pengalaman buruk Negara lain yang dihantui oleh radikalisme, konflik sosial, terorisme dan perang saudara. Untuk itu dengan Pancasila dan UUD 1945 agar Negara Indonesia dapat terhindar dari masalah tersebut, sehingga Bangsa Indonesia dapat hidup rukun dan bergotong royong untuk memajukan Negera Indonesia.

Untuk mencapai itu semua, Kapolresta Jambi juga mengajak para ulama, ustadz, pendeta, pastur, biksu, padanda, tokoh masyarakat, pendidik, pelaku seni dan budaya, pelaku media, jajaran birokrasi, TNI dan POLRI serta seluruh komponen masyarakat untuk peran aktif menjaga Pancasila dalam arti pemahaman dan pengalaman pancasila.

“Mari kita jaga perdamaian persatuan dan persaudaraan di antara kita, dengan cara, kita saling bersikap santun, saling menghormati saling toleran dan saling membantu untuk kepentingan bangsa,” kata AKBP Fauzi Dalimunthe saat membacakan amanat Presiden RI Jokowi. (TS)

Komentar Akun Facebook