Pertumbuhan Penduduk Batanghari Capai 2,33 Setiap Tahun 

Ilustrasi

Jambiline.com, Batanghari – Berdasarakan hasil sensus Penduduk pada  tahun 2010 di delapan Kecamatan dalam Kabupaten Batanghari yakni sebanyak 241.334 jiwa,  dimana jumlah penduduk Batanghari sebesar 7,80 persen dari total jumlah penduduk Provinsi Jambi sebanyak 3.092.265 jiwa.

“ Rata-rata laju pertumbuhan penduduk Kabupaten Batanghari tiap tahun mencapai 2,33 persen,” kata Plt Kadis Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Batanghari, Rts Endriani SH.

Menurutnya, antisipasi terhadap meningkatnya laju pertumbuhan penduduk sudah diupayakan dengan menyusun Grand Design pengendalian kuantitas penduduk kabupaten Batanghari yang tetuang dalam peraturan Bupati Batanghari nomor 37 tahun 2015, dimana laju pertumbuhan penduduk pada tahun 2020 diproyeksi menjadi 1,28 persen, dengan jumlah penduduk 275,5 ribu jiwa, kondisi ideal ini tentu akan tercapai dengan kerja keras dan melibatkan lintas sektoral.

“langkah ini dimaksudkan agar kita mampu mengendalikan pembangunan penduduk Batanghari agar menjadi penduduk yang terjamin kesehatannya, pendidikannya dan berkesempatan meningkatkan ekonomi keluarganya, hal ini sejalan dengan isu nasional bahwa Indonesia akan menghadapi bonus demografi yang diproyeksikan terjadi antara rentang waktu 2020 sampai 2035,” jelasnya.

Bonus demografi adalah suatu kondisi dimana jumlah penduduk usia produktif lebih besar dari jumlah penduduk usia tidak produktif. “Diproyeksikan pada tahun 2020 komposisi penduduk usia 15-64 tahun di kabupaten Batanghari mencapai angka 65,69 persen,” terang Rts Endriani.

“ Jika kita menyiapkan penduduk usia produktif yang berkualitas dan berdaya saing, maka kesejahteraan dan kemakmuran akan mudah dicapai. Akan tetapi jika kita tidak mengikuti langkah itu, maka harapan kita untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera akan sulit tercapai,” pungkasnya.(RAS)

Komentar Akun Facebook

Berita Terkait