Ilustrasi Pilkada. Doc.net.

Jambiline.com, Jambi – Kontestasi Pilkada serentak memang baru dimulai pada tahun 2020 mendatang.

Ada parpol mulai bergerak membuka penjaringan bagi calon, tetapi ada sejumlah parpol lain yang memilih menunggu untuk membuka penjaringan

Partai pemenang pemilu di Provinsi Jambi, PDIP mulai bergerak seperti di Kabupaten Batanghari sudah melakukan penjaringan bakal calon yang akan diusung pada pesta demokrasi lima tahunan ini.

Sementara itu untuk Pilgub, dalam waktu dekat partai besutan Megawati Soekarno Putri ini juga akan membuka proses penjaringan.

Dikonfirmasi, Sekretaris DPD PDIP Provinsi Jambi, Zaidan Ismail, mengatakan, pihaknya memang dalam waktu dekat juga akan segera membuka penjaringan bakal calon.

“Insyaallah dalam waktu dekat penjaringan itu akan segera kita laksanakan,” kata Zaidan.

Zaidan melanjutkan, pihaknya beberapa waktu yang lalu sudah melakukan rapat koordinasi dalam memantapkan kegiatan pelaksanaan penjaringan bakal calon untuk kontestasi politik paling bergensi di Jambi ini.

“Sudah kita bentuk panitia pelaksana penjaringan, Pak Hotman yang mengetuainya,” ujar Zaidan.

Berbeda dengan PDIP, Partai Amanat Nasional (PAN) mengaku pihaknya memang belum melaksanakan penjaringan bagi calon yang ingin bertarung di Pilkada.

“Soal itu belum lah, tahapan masih lama,” kata Sekretaris DPW PAN Provinsi Jambi, Khusaini.

Bagaimana dengan kader-kader PAN di Batanghari yang mendaftar di penjaringan parpol lain, bagaimana pandangan PAN? Khusaini mengatakan ini hal yang bagus karena memang PAN tidak bisa mengusung sendiri calon di Batanghari.

“Itu bagus, mereka memang harus pro aktif mencari partai untuk koalisi karena PAN tidak bisa mengusung sendiri,” ungkapnya.

Lantas, apakah nanti akam ada mekanisme survei bagi kandidat bila nantinya PAN membuka pendaftaran? Dijelaskannya, kader PAN yang berminat di Pilkada dituntut bersosialisasi dan bakal disurvei.
“Iya, sekarang kader yang berminat di pilkada ini harus sosialisasi nanti akan kita survey,” ujarnya.

Sementara itu, Partai Golkar membantah bila belum dibukanya penjaringan calon untuk Pilkada dikarenakan Golkar menunggu hasil Munas.

“Belum ada kita buka penjaringan, ini tidak ada hubungan dengan menunggu hasil Munas,” kata Pjs Sekretaris DPD I Golkar Provinsi Jambi, Gordong Tobing.

Menurut Gordon, belum dibukanya penjaringan karena Golkar tengah fokus pada pengisian alat kelengkapan DPRD.

“Kita sedang lebih fokus ke penetapan kelengkapan di DPR dan DPRD,” pungkas Gordon. (Fay).

Komentar Akun Facebook