Fachrul Rozi, Anggota Bawaslu Provinsi Jambi

Jambiline.com, Jambi – Setelah melakukan pemungutan dan penghitungan suara di TPS pada Rabu (17/04) kemarin, proses selanjutnya adalah rekapitulasi  suara di tingkat desa/kelurahan, tingkat kecamatan hingga ke tingkat yang lebih tinggi yakni di KPU.

Di Jambi sendiri rekapitulasi suara dijadwalkan mulai pada hari ini Jum’at 19 April 2019. Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) akan melakukan rapat pleno terbuka rekapitulasi suara yang dihadiri saksi peserta pemilu dan Panwaslu Kecamatan.

Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jambi, Fachrul Rozi mengingatkan, PPK dan pihak lainnya yang terlibat dalam rekapitulasi suara untuk tetap menjalankan tugas dengan baik dan bersih, serta tidak coba-coba untuk melakukan praktik jual beli suara.

Hal tersebut disampaikannya mengingat sejumlah pihak dapat saja melakukan praktik jual beli suara caleg, khususnya di daerah terpencil dan sulit terjangkau.

Menurut Fahrul, pelaku yang melakukan praktik jual beli suara di pemilu 2019 dapat dikenakan sanksi tegas berupa pidana.

“Siapa saja yang melakukan praktik jual beli suara , termasuk penyelenggara pemilunya dapat disanksi pidana ,” katanya, Jum’at (19/04).

Fachrul Rozi menuturkan, pihaknya akan melakukan pengawasan secara menyeluruh guna mengantisipasi pelanggaran yang bisa saja terjadi saat perekapan suara.

Selain itu dirinya mengimbau masyarakat untuk turut serta memantau jalannya perekapan suara dan segera melaporkan jika terdapat pelanggaran.

“Bila mengetahui adanya praktik kotor dalam pemilu ini, laporkan dan akan langsung kita tindak. Apabila ada KPPS, PPS maupun PPK nya yang terlibat, ada sanksi lainnya sesuai perundangan yang berlaku,” tandasnya. (Chun)

Komentar Akun Facebook