Ilustrasi

Jambiline.com, Jambi – Sekitar pukul 05.00 WIB pagi tadi logistik surat suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 dikirim ke kabupaten Kerinci dan kota Sungai Penuh. Logistik surat suara ini sebelumnya tiba di Jambi pada Senin (04/02) kemarin sekitar 17.15 WIB, dengan menggunakan satu truk tronton.

“Kemarin sore sampai di Jambi, isinya sekitar 2.200 lebih box surat suara, ditujukan untuk kabupaten kerinci dan Sungai penuh,” kata komisioner KPU Provinsi Jambi, Apnizal, Selasa (05/02/).

Logistik surat suara Pemilu ini terlebih dahulu dibongkar di terminal pal 10, dan dipindahkan ke dalam empat mobil truk kecil dengan dikawal oleh Polisi serta disaksikan oleh supervisi KPU dan Bawaslu Provinsi Jambi.

“Mobil yang datang bawa surat suara itu bobotnya mencapai 40 ton, dengan kondisi jalan kabupaten Kerinci yang banyak tanjakan dan tikungan tajam, tentu tidak mampu, jadi untuk mengatasi itu dipecahlah menjadi empat mobil kecil,” ujar Apnizal.

Ribuan box surat suara yang dikirim tersebut berisi surat suara untuk caleg DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.

“Jenis surat suaranya DPRD Provinsi, DPRD kabupaten, dan DPR RI, kemudian juga ada surat suara DPRD untuk pemungutan ulang, yang tidak lengkap itu surat suara untuk pemilihan Presiden dan DPD,” jelasnya.

Usai dipindahkan, logistik surat suara pemilu tersebut langsung dibawa ke kabupaten Kerinci dan kota Sungai Penuh.

“Pagi tadi langsung dikirim, empat mobil tersebut dibagi dua arah, satu mobil untuk Sungai Penuh dan Tiga Mobil untuk kabupaten Kerinci,” terangnya.

Sementara itu untuk kota Jambi dan beberapa daerah lainnya Apnizal belum bisa memastikan kapan logistik surat suara pemilu tersebut akan dikirim kembali.

“Kita belum mendapatkan jadwalnya kapan dikirim kembali, yang jelas yang didahulukan ini yang jangkaunnya jauh dulu,” tandasnya. (Chun)

Komentar Akun Facebook