Jambiline.com, Jambi-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi merasa yakin bahwa anggaran untuk pelaksanaan Pemilihan Gubernur (Pilgub) tahun 2020 akan direalisasikan Pemerintah Provinsi Jambi sebesar Rp180 miliar lebih.

“Kita dapat informasi khusus untuk anggaran yang bersumber dari Pemerintah Provinsi sebesar Rp180 miliar lebih tidak ada masalah, Pemda memberi sikap akan menyiapkan,” ujar Kepala Sekretariat KPU Provinsi Jambi, Khoirul Bahri Lubis.

Dijelaskannya, untuk 5 kabupaten/kota yang juga menyelenggarakan Pilkada, menurut Khoirul masih ada daerah yang tengah berproses menyiapkan anggaran.

“Informasi awalnya untuk Tanjung Jabung Barat sudah ok, Batanghari sudah disiapkan juga. Kemarin kita sengaja mendorong di Sungaipenuh. Itu pun dari pihak Pemkot sudah menjamin tapi butuh proses, sudah disanggupi hasil rasionalisasi,” ujar Khoirul Bahri.

Sementara untuk KPU Kabupaten Tanjung Jabung Timur tidak ada persoalan, tetapi untuk KPU Bungo belum ada kesepakatan soal berapa sebenarnya angka yang dipatok.

“Ini yang harus kami dorong dalam waktu dekat ini supaya ada kepastian jaminan kesiapan. Kita Provinsi harus ikut turun tangan,” ungkapnya

Menurut Khoirul, pihaknya di KPU Provinsi terus mendampingi KPU kabupaten/kota untuk duduk bersama dengan TAPD, karena kata Khoirul, di daerah ada yang sama sekali belum ada pembahasan.

“Sementara kita dihadapkan dengan semakin dekatnya penandatanganan NPHD pada tanggal 1 Oktober, itu wajib,” katanya.

Khoirul menambahkan, komunikasi intens akan dibangun pihaknya agar persoalan anggaran ini tidak terbengkalai.

“Ke depan, ini yang dikomunikasikan secara intens dengan Pemda. Jangan sampai terbengkalai, walau sebenarnya pada tahun ini hanya sebagian kecil anggaran yang dibutuhkan. Yang banyak itu pada tahun 2020 nanti,” tandanya. (Fay).

Komentar Akun Facebook