Sah, Ini Hasil Penetapan Pembayaran Zakat Fitrah Wilayah Kota Jambi

Jambiline.com, Jambi- Terkait banyaknya informasi yang beredar mengenai pembayaran zakat fitrah tahun 1438 Hijriah / 2017 Masehi, Kasi Bimas Islam Kota Jambi Dr. H. Lukman Hakim angkat bicara guna menegaskan kebenaran Surat Edaran yang baru saja dikeluarkan Oleh Kementerian Agama (Kemenag)  Kota Jambi, Jum’at (9/6).

Lukman mengatakan, bahwa keputusan dari surat edaran ini bukanlah diputuskan oleh sepihak saja, akan tetapi telah melalui hasil rapat koordinasi yang dihadiri oleh semua pihak seperti Pemerintah Kota Jambi (Pemkot), Kementerian Agama(Kemenag) Kota Jambi, Majeleis Ulama Indonesia(MUI) Kota Jambi, dan Badan Amil Zakat Nasional(Baznas) Kota Jambi.

“Menegenai surat edaran zakat fitrah ini memang sulit, tapi saya jelaskan bahwa ini final hasil dari rapat, dan sudah dilihat dari berbagai macam aspek, ini lah keputusan yang kita keluarkan, dan ini sudah jelas ditanda tangani oleh Kemenag Kota Jambi, MUI Kota Jambi dan Walikota Jambi. Dan insyaallah ini tidak akan berubah,” jelas Lukman.

Lukma juga menyampaikan Bahwa pada tahun sebelumnya, pembayaran zakat fitrah yang dibayar dengan uang itu dihitung dari jumlah beras yang 2,5 Kg itu. Lain halnya dengan tahun ini, pembayaran zakat yang menggunakan uang itu dihitung dari 3,8 Kg. Hal ini mengingat adanya dua mazhab(pendapat) dari dua Imam yaitu Imam Syafi’i dan Imam Hanafi.

” Ini dikarenakan kita mengikuti aturan dari dua mazhab ini, dimana menurut mazhap Imam Hanafi, zakat fitrah dengan beras itu sebesar 3,8 Kg dan boleh ditukar dengan jumlah uang. Sementara mazhab Imam Syafi’i dengan beras 2,5 Kg dan tidak boleh ditukar dengan jumlah uang,” Tuturnya.

Karena melihat pendapat dari dua mazhab ini, maka diputuskan, zakat fitrah tahun 1438 H/ 2017 M bisa dibayar dengan beras 2,5 Kg, dan dengan uang membayar sebesar hagah dari 3,8 Kg beras.

” Untuk dalam hitungan jumalah uangnya dapat dilihat dari tingkatannya yakni , tertinggi Rp. 50.000, menengah Rp. 45.000 dan terendah Rp. 35.000,” terang Lukman.

” Surat putusan ini adalah surat keputasan resmi untuk pembayaran zakat fitrah Kota Jambi, dan insyaallah tidak akan ada lagi perubahan,” pungkas Lukman. (NOV)

Komentar Akun Facebook

Berita Terkait