Jambiline.com, Tanjabtim – Kemunculan buaya Rawa di Sungai Timun beberapa bulan terakhir sangat meresahkan warga sekitar sungai.

Nyaris saja, warga block E, Kelurahan Pandan Jaya. kecamatan Geragai, Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) saat sedang memancing menjadi mangsanya, pada Jumat (24/8/18) dini hari.

Namun, warga tersebut tidak sendirian, mereka memancing bersama rekannya, mereka memancing bertiga, yaitu Julianto, Beben dan Aceng, beruntung mereka bertiga terlepas dari maut.

Hebatnya lagi, ketiganya malah berhasil menangkap buaya dengan cara menjeratkan tali ke mulut buaya tersebut.

Menurut Lurah Pandan Jaya, Idwar Aidi, penangkapan buaya tersebut dilakukan warganya saat mereka mancing ikan di Sungai Timun. “Kejadiannya jelang subuh tadi. Waktu itu beberapa orang warga yang sedang memancing ikan dan melihat keberadaan buaya rawa,” katanya, Sabtu (25/8/2018).

Lanjut lurah, mengetahui keberadaan buaya warganya bukannya malah takut dan lari, tapi mereka nekat menangkap buaya itu hidup-hidup. “Ketiga warga tadi beraksi menangkap buaya dengan cara menjerat mulutnya dengan tali dan langsung berhasil,” kata Idwar.

Lanjut Lurah, beberapa bulan terakhir di banyak warga uang melihat langsung kemunculan buaya di sungai Timun.

“Beberapa minggu belakangan ini banyak kejadian hewan peliharaan warga, seperti anak kambing, anjing, dan binatang ternak lainnya menghilang tanpa bekas,” jelasnya.

Saat ini buaya yang belum diketahui jenis kelaminnya tersebut telah diamankan warga di RT 30, RW 7, Kelurahan Pandan Jaya. Rencananya, warga akan menyerahkan hewan yang hidup di dua tempat itu ke pihak BKSDA Jambi. (Tri)

Komentar Akun Facebook