Jambiline.com, Jambi – Sejumlah Puskesmas di Kabupaten Batanghari saat ini masih kekurangan mobil operasional dan mobil Ambulance. Selain itu ada juga beberapa Puskesmas yang telah memiliki mobil operasional maupun ambulance namun dalam kondisi tidak layak pakai

Plt Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Batanghari Dra. Elfi Yennie, melalui Kabid Pelayanan Kesehatan (Yankes), Rinaldy, membenarkan hal tersebut, dirinya mengatakan kendaraan ini untuk memaksimalkan kinerja petugas Puskesmas dan saat ini membutuhkan pengadaan mobil Ambulance karena mobil Ambulance sudah lama dan membutuhkan mobil baru.

“ Puskesmas kita yang tersebar ada 17, sementara saat ini ketersediaan ambulan baru sekitar 24 mobil, dengan jumlah segitu, itu masih kurang. Sebab seharusnya, 1 puskesmas itu harus memiliki dua kendaraan operasional,” terangnya.

Untuk saat ini mobil yang tersedia dibeberapa Puskesmas yakni mobil jenis Panther, Kijang model lama, serta Inova yang baru-baru ini, sementara itu dari total ke 24 mobil amulance tersebut, 8 diantaranya butuh perbaikan atau butuh pembaharuan.

“ Ada dua desa yakni desa Tindar Kuranji dan Desa Tenam, itu ambulansnya mobil sudah lama dan butuh perbaikan. Sementara 6 mobil jenis Panther lainnya juga butuh pergantian,” tambah Rinaldy, Senin (22/05)

Dirinya juga berharap agar adanya antusias para petugas dalam menjaga kondisi mobil agar kondisi mobilnya tetap bagus. “ya tentu kita harapkan ada antusias petugas untuk menjaganya, misalnya setelah dipakai dibershkan. Saat waktunya di service ya diservice, jangan menganggap ini barang orang seenaknya saja menggunakannya, tentulah nanti bisa rusak,”pungkasnya.(RAS)

Komentar Akun Facebook