Foto: Doc.Istimewa.

Jambiline.com, Jambi – Meski pemilihan kepala daerah saat ini ditunda akibat wabah Covid-19, namun gerak-gerik para kandidat calon Gubernur Jambi 2020 tampaknya terus menjadi perhatian masyarakat. Berbagai lembaga survei sebelumnya sempat merilis elektabilitas calon Gubernur Jambi dengan persentase tertinggi yakni Syarif Fasha.

Namun tak disangka berdasarkan survei terbaru yang dirilis oleh Indo Barometer pada Rabu 8 April 2020 kemarin, nama Walikota Jambi Syarif Fasha justru turun di urutan ketiga, posisi peringkat kedua diduduki oleh Bupati Sarolangun Cek Endra (CE), dan peringkat pertama Gubernur Jambi saat ini, Fachrori Umar.

Peneliti Indo Barometer Hadi Suprapto Rusli menjelaskan, survei berlangsung 23-29 Maret 2020 dengan melibatkan 800 responden yang tersebar di 11 Kabupaten/Kota dengan margin of error 3,46 Persen dan tingkat kepercayaan mencapai 95 Persen.

“Dalam pertanyaan terbuka, elektabilitas Fachrori Umar berada di angka 17,1%, disusul Cek Endra dengan elektabilitas mencapai 13,3% Persen, Fasha juga mengantongi elektabilitas 13,3%, Posisi keempat ada Safrial dengan angka elektabilitas mencapai 5,9% dan disusul posisi kelima Al Haris dengan elektabilitas 5,1%,” ujarnya.

Selain itu, kata Hadi, Indo Barometer juga mengecek elektabilitas kandidat dengan simulasi pertanyaan tertutup.

“Hasilnya, Fachrori Umar tetap di posisi teratas dengan angka elektabilitas mencapai 27,6%, diurutan kedua ada Cek Endra dengan elektabilitas 21,8%, sementara Fasha diurutan ketiga hanya mengantongi 19,5% saja. Kemudian di bawah Fasha ada nama Al Haris yang berada di angka 9,9% dan disusul Safrial dengan elektabilitas 6,4%,” jelasnya.  (cn)

Komentar Akun Facebook