Tingkatkan Hasil Panen, Zola Beri Bantuan Alsintan Untuk Petani Tebo

Gubernur Jambi, Zumi Zola Saat Beri Bantuan Alsintan Untuk Petani Tebo, Rabu (11/10/2017)

Jambiline.com, Tebo – Gubernur Jambi Zumi Zola memberikan beberapa bantuan alat Alsintan kepada Petani Kabupaten Tebo  untuk meningkatkan hasil panen petani di Tebo.

Pemberian bantuan tersebut diberikan saat melakukan tanam perdana padi sawah, di Desa Bungo Tanjung, Kecamatan Tebo Ulu, Kabupaten Tebo.

Pada kegiatan tersebut, Gubernur Jambi Zumi Zola didampingi oleh Ketua TP PKK Provinsi Jambi Sherrin Tharia Zola, Bupati Tebo Sukandar, OPD diruang lingkup Provinsi Jambi dan tamu undangan lainnya.

Zola mengatakan, di Desa Bunga Tanjung tersebut untuk luas satu hektar lahan pertanian menghasilkan 5,7 ton padi, dengan potensi bisa sampai 6,5 ton.

“Di Kabupaten Tebo ini, sudah melampaui dari target 100 persen lebih, pencapaian target tersebut karena masyarakat Tebo dapat bekerja sama dengan baik. Program Provinsi ini di sambut dan direspon baik oleh Kabupaten, dan Kabupaten juga membantu untuk menganggarkannya,” kata Zola, Rabu (11/10).

Dirinya juga mencontohkan, di Kabupaten Tebo ini, dana desa digunakan untuk memagari lahan sawah agar terbebas dari hama seperti kerbau, sapi, dan kambing.

“Ini sangat bagus sekali, karena dana di desa digunakan untuk disesuaikan dengan yang dibutuhkan di desa ini,” ujar Zola.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Jambi Zumi Zola membantu petani berupa alat Alsintan kepada petani, untuk lebih meningkatkan hasil panen di desa Bungo Tanjung.

“Kita serahkan kepada Bupati agar dapat digunakan dan Pak Bupati juga sudah menganggarkan untuk pertaniannya, ini sangat luar biasa sekali,” katanya.

Lanjut Zola, untuk memujudkan Swasembada pangan di Provinsi Jambi banyak tantangan yang harus dilalui, seperti alih fungsi lahan, dari sawah menjadi perkebunan lahan sawit, dan masalah perubahan iklim saat ini.

“Saya menginginkan apa yang dilakukan di desa Bungo Tanjung dapat diikuti oleh desa-desa lainnya di Kabupaten Tebo,” inginnya.

Dirinya juga berpesan kepada masyarakat, jangan takut apabila hasil panen melimpah, pasalnya Bulog akan siap menampung semua hasil panen masyarakat Tebo, khususnya padi.

“Petan  jangan ragu, karena sudah ada payung hukumnya, berapapun hasil panennya harus dibeli oleh Bulog,” katanya.

Sementara itu, Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Peternakan Provinsi Jambi, Akhmad Mausul dalam sambutannya mengatakan saat ini Indonesia menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), sehingga harus menjadi perhatian bersama untuk mengembangkan pertanian, bahkan perlu dipertahankan lahan subur terutama sawah agar tetap menjadi lahan garapan yang memberikan kontribusi untuk kesejahteraan dan swasembada pangan dimasa mendatang.

Selain itu, realisasi luas tanam di Kabupaten Tebo pada bulan Oktober  hingga Maret 2016/2017 seluas 8.445 Hektar. Sementara untuk periode April hingga September 2017 telah terealiasi seluas 6.760 Hektar, atau sudah mencapai 135 persen, dari target seluas 5.000 Hektar,” Pungkasnya. (Tresno)

 

Komentar Akun Facebook

Berita Terkait