Tingkatkan Pengawasan Pelayanan Publik, Ombudsman Jambi Gelar TOT

Ketua Ombudsman Jambi Taufik Yasak Saat Membuka Kegiatan Training Of Trainers, Kamis (09/11/2017)

Jambiline.com, Jambi – Guna meningkatkan pengawasan pelayanan publik di wiliyah Provinsi Jambi, Ombudsman RI perwakilan Jambi menggelar Training Of Trainers (TOT), Kamis (9/11) di salah satu hotel di Kota Jambi.

TOT ini diikuti oleh peserta dari berbagai pihak, baik dari perusahaan, Instansi perguruan tinggi, organisasi masyarakat dan mahasiswa, serta insan media.TOT ini bertemakan “meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mengawasi pelayanan publik di Provinsi Jambi.

TOT dibuka langsung oleh ketua Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Jambi Taufik Yasak. Dikesempatan tersebut, Taufik menyampaikan apresiasinya atas partisipasi para peserta yang telah berkenan hadir mengikuti TOT.

Taufik menjelaskan, kegiatan TOT bertujuan untuk memberikan pembekalan bagi para peserta yang merupakan kanti Ombudsman dalam mengawasi penyelenggaraan pelayan publik.

“Paling tidak maayarakat faham, bahwa perlunya keterlibatan masyarakat dalam mengawasi pelayanan publik,” katanya.

Selain itu, sebagai kanti Ombusman kata Taufik, para peserta juga berhak memberikan laporan kepada Ombudsman jika terdapat penyimpangan pelayanan publik, baik di Instansi Pemerintahan maupun swasta.

“Ini perlu kita lakukan agar dapat mencegah terjadinya mall administrasi,  pungli, serta penyimpangan pelayanan lainnya,” papar Taufik.

Secara keseluruhan, pelayanan publik di Provinsi Jambi masih dikategorikan buruk. Untuk itu Taufik berharap, melalui partisipasi masyarakat dalam mengawasi pelayanan publik, dapat merobah rapor jelek pelayan publik Jambi dari zona merah ke zona hijau.

Mudah-mudahan melalui kegiatan ini,  kanti Ombudsman ini dapat bekerjasama membantu Ombudsman dalam mengawasi pelayanan publik, agar pembangunan daerah ini menjadi lebih baik,” pungkas Taufik.

Untuk diketahui, dalam kegiatan TOT ini,  para peserta disuguhkan dengan berbagai materi, mulai pre-test dan pro-test tentang pelayanan publik, game menarik, serta simulasi penyimpangan pelayanan publik berikut dengan tata cara pelaporannya ke Ombudsman.

(Cun)

Komentar Akun Facebook

Berita Terkait