TNI Temukan 200 Kubik Kayu Ilegal Logging

Jambiline.com, Jambi – Mendapat informasi dari masyarakat yang peduli lingkungan, bahwa di Desa Puding, Kecamatan Kumpeh Ulu, Kabupaten Muaro Jambi, sering terjadi pembalakan hutan secara liar, personel TNI yang dipimpin langsung oleh Danem 042/Gapu Kolonel Inf Refrizal didampingi oleh Pihak Kejaksaan dan Dinas Kehutanan Provinsi Jambi, hari ini mengecek langsung ke lokasi guna memastikan kebenaran informasi tersebut.

Alhasil di lokasi terdapat setidaknya sekitar 200 kubik kayu ilegal logging, yang terdiri dari kayu meranti, pudak dan kayu rengas.

“Jumlah temuan kayu ilegal ini kurang lebih sebanyak 150 sampai 200 kubik, namun dalam temuan ini tidak ada tersangkanya,” kata Danrem 042/Gapu Kolonel Inf Refrizal, sabtu (18/3).

Lanjut Danrem, pembalakan liar dan pencurian kayu sangat merugikan negara, dan merusak linkungan. Hal ini juga tentu dapat menyebabkan banjir dan kebakaran hutan.

“Bekas ilegal loging tidak menutup kemungkinan akan terjadi kebakaran hutan, ini yang harus kita cegah,” tegas Danrem.

Sementara itu, Ahmad Bestari selaku Kabid Perlindungan dan Pelestarian Hutan Provinsi Jambi mengatakan, di tempat penemuan kayu tersebut sebelumnya juga pernah diamankan sekitar 7 pelaku ilegal loging.

“Semuanya masyarakat pendatang dari lampung,” katanya.

Mengenai penemuan kayu ilegal tersebut, pihaknya akan berkoordinasi terlebih dahulu kepada pihak berwenang, seperti apa rencana kedepan, apakah di musnahkan atau tidak.

“Hasil temuan ini akan kita bicarakan terlebih dahulu. Apakah di musnahkan dilokasi atau seperti apa, kalau memungkinkan kita amankan, kita akan amankan, kita akan bawa,” pungkasnya. (TR)

Komentar Akun Facebook

Berita Terkait