Turunkan Angka Kemiskinan, Pemerintah Daerah Harus Bersinergi

Sosialisasi Dan Rapat Teknis Persiapan Pelaksanaan Mekanisme Pemutakhiran Mandiri (MPM) Program Penanganan Fakir Miskin Di Bappeda Provinsi Jambi

Jambiline.com, Jambi – Untuk menurunkan angka kemiskinan di Provinsi Jambi, Pemerintah baik Provinsi, maupun Kabupaten/Kota dan Swasta harus selalu bersinergi.

Hal tersebut dikatakan Wakil Gubernur (Wagub) Jambi Fachrori Umar saat membuka Sosialisasi dan Rapat Teknis Persiapan Pelaksanaan Mekanisme Pemutakhiran Mandiri (MPM) Program Penanganan Fakir Miskin, bertempat di Bapedda Provinsi Jambi, Rabu (4/10).

Dalam sambutannya, Wagub mengatakan, penanggulangan kemiskinan telah menjadi prioritas Nasional dan Daerah. Dalam hal ini Pemerintah pusat melalui RPJMN 2014-2019 telah mentargetkan penurunan angka kemiskinan di Provinsi Jambi dari 8,4 persen pada Tahun 2014 menjadi 4,2 persen pada 2019.

“Tentu ini bukanlah pekerjaan mudah bagi kita semua, untuk itu diperlukan sinergi penanggulangan kemiskinan baik oleh Pusat, Provinsi dan Kabupaten serta swasta dan masyarakat,” Kata Wagub, Rabu (4/10).

Lanjut Wagub, Sosialisasi ditujukan untuk menyamakan persepsi dari Pemerintah Pusat kepada Provinsi hingga ke kabupaten/Kota, sehingga dapat meningkatkan staf teknis pengelola data dan merekomendasi persiapan tentang mekanisme pemutakhiran mandiri data terpadu, diharapkan dapat dimanfaatkan para peserta sebaik mungkin.

Sementara itu, Sosialisasi tersebut akan berlangsung selama dua hari mulai sejak 4 hingga 5 Oktober mendatang, diikuti 120 peserta terdiri dari Wakil Walikota/Wakil Bupati dalam Provinsi Jambi yang merupakan ketua tim koordinasi penanggulangan kemiskinan (TKPK), OPD terkait.

Wagub menambahkan, ketersediaan data yang valid dan update juga menjadi salah satu persyaratan yang harus dimiliki agar penanggulangan kemiskinan dapat berjalan efektif, efisien dan tepat sasaran. (Tresno)

Komentar Akun Facebook

Berita Terkait