Bahrein Nurdin, Pengamat Politik

Jambiline.com, Jambi-Tarik menarik soal pengajuan Wakil Gubernur (Wagub) untuk mendampingi Gubernur Fachrori Umar hingga saat ini belum menemui titik terang.

Parpol pengusung pasangan Zumi-Zola dan Fachrori Umar pada Pilgub lalu ini sepertinya belum mengerucutkan nama, bahkan belakangan ada perbedaan usulan nama yang akan diusulkan antara PAN dan PKB.

Padahal urgensi keberadaan Wagub ini dinilai cukup penting untuk meningkatkan akselerasi pembangunan.

Pengamat politik UIN Jambi, Bahren Nurdin mengatakan, Jambi memang membutuhkan Wakil Gubernur, menurutnya, tetapi sampai saat ini nama-nama Wakil Gubernur yang disepakati belum mengerucut.

“Kita memang membutuhkan pendamping Fachrori, tetapi entah dimana sangkutnya pengajuan Wagub tersebut, tetapi ini memang diperlukan,” kata Bahren.

Menurut Bahren, belum mengerucutnya nama Wagub ini kemungkinan belum ada desakan dari Gubernur Fachrori Umar atau memang Fachrori tidak menginginkan Wakil Gubernur.

“Nama-nama kan sudah ada, tetapi belum mengerucut, kita lihat perkembangan sehabis lebaran ini,” ujar Bahren.

Dilanjutkan Bahren, proses pengajuan Wagub ini harus dilakukan secepatnya karena tahun 2020 tahapan Pilgub sudah berjalan.

“Harus cepatlah, waktu jalan juga, 2020 tahapan sudah jalan, dia bekerja cuma beberapa bulan, sementara serapan anggaran kita hanya berapa,” jelasnya.

Seberapa urgensinya keberadaan Wagub ini dengan sisa masa jabatan yang tidak lama sebagai pendamping Gubernur ? Bahren menilai, dengan kinerja Gubernur saat ini, minimal keberadaan Wagub ini menambah energi agar akselerasi pembangunan bisa lebih optimal.

“Kita butuh oranglah untuk mempercepat para kepala dinas dan UPTD untuk lebih bisa mengakselerasi, ya minimal Wagublah yang bisa menjalankan itu,” pungkasnya. (Fay).

Komentar Akun Facebook