Neon Box Pusekesmas Paal Merah I,

Kota Jambi – Sejumlah warga yang ingin berobat di Pusekesmas Paal Merah I yang terletak di RT 20, harus menelan kekecawaan lantaran tidak mendapati petugas kesehatan yang berada di Puskesmas tersebut.

Salah seorang warga bahkan sempat merekam video kondisi pelayanan di Puskesmas tersebut dan mengungkapkan kekesalannya lantaran tidak bisa berobat. Dalam video yang direkam pada Jum’at (5/10) siang tersebut, diperlihatkan sejumlah ruangan pelayanan yang kosong tanpa ada satu pun pegawai dan petugas kesehatan.

Di video lainnya juga terlihat hanya ada petugas Satpam dan petugas kebersihan yang berada di Puskesmas.

Warga menyayangkan keberadaan Puskesmas Paal Merah yang semestinya beroperasi 24 jam namun tidak sesuai kenyataan.

“Tadi sekitar jam setengah dua saya membawa orang tua saya berobat ke sana, tapi satu pun petugas kesehatannya tidak ada di sana, cuma ada Satpam dan pegawai kebersihan, padahal Puskesmas Paal Merah I ini jam layanannya 24 jam,tapi kenapa kosong, karena tidak memungkin lama menunggu akhirnya saya bawa orang tua saya ke Royal Prima” ujar Muhhamad Dolla, warga setempat.

Dirinya mengatan, dari penjelasan stpam Puskesmas tersebut, seluruh pegawai Puskesmas sudah diimbau Kepala Puskesmas untuk stanbay memberikan pelayanan namun tidak diindahkan.

“Ya kata Satpamnya, kepala Puskesmas sudah berkali-kali mengingatkan pegawai harus stanbay, tapi tidak pernah diindahkan meskipun sudah ada jadwal piket,” tuturnya.

Sementara itu kepala dinas Kesehatan Kota Jambi, Ida Yuliati menjelaskan, layanan Puskesmas pada hari Jum’at dimulai pada 07.00 WIB hingga 12.00 WIB, sedangkan untuk layanan 24 jam dimulai pada pukul 14.00 WIB sampai dengan pukul 07.30 WIB.

“Terkait layanan Puskesmas, Jum’at buka jam 07.00 WIB sd 12.00 WIB, kemudian untuk layanan 24 jam dimulai jam 14.00 WIB sd jam 07.30 WIB, kalau hari Senin-Kamis, dan Sabtu layanan jam 07. 30 sd jam 14.00 WIB, disambung layanan 24 jamnya pukul  14.00 wib sd jam 07.30 WIB,” jelas Ida saat dikonfirmasi via WhatsApp, Jum’at (05/10) malam.

Saat ditanya mengenai pergantian antara waktu (PAW) atau jam istirihat yang telah ditempel di Puskesmas tersebut Ida menyebutkan, bahwa semestinya kepala Puskesmas dan staf komitmen dengan jadwal yang telah dibuat, dirinya pun menegaskan akan segera mengevaluasi layanan 24 jam di Puskesmas tersebut.

“Kalau lihat jadwal berarti Kapus dan staf sudah komiten dan dipatuhi, kami pun mau mengevaluasi 24 jam tersebut apakah efektif atau tidak, coba besok tanyakan sama Kapusnya karena sudah ada jadwal tersebut, berarti ada yang piket antar waktu,” tandasnya. (JL)

Komentar Akun Facebook