Wakil Gubernur Jambi, Fachrori Umar Saat Buka MQK Tingkat Provinsi Jambi Ke-IV Di Pondok Pesantren Nurul Iman Sebapo Kec. Mestong Muaro Jambi, Kamis (19/10/2017)

Jambiline.com, Muaro Jambi – Wakil Gubernur (Wagub) Fachrori Umar, membuka secara langsung kegiatan Musabaqah Qira’atil Kutub (MQK) Tingkat Provinsi Jambi ke IV, bertempat di Pondok Pesantren Nurul Iman Sebapo Kecamatan Mestong Kabupaten Muaro Jambi, Kamis (19/10).

Dalam kegiatan MQK tingkat Provinsi tersebut, turut hadir Bupati Muaro Jambi Hj. Masnah Busro, Plt Kanwil Agama Provinsi Jambi Muhammad Havis, Para OPD Provinsi Jambi, dan Pimpinan Ponpes Nurul Iman.

Tema MQK tersebut yakni “Dari Pesantren Untuk Penguatan Karakter dan Kepribadian Masyarakat Guna Mewujudkan Jambi TUNTAS 2021.”

Dalam sambutannya, Wagub Jambi mengatakan MQK sebagai ajang strategis untuk meningkatkan tradisi akademik yang mengakar dan menjadi ciri pondok pesantren.

“Berdasarkan sejarah pondok pesantren tak terpisahkan dari tradisi akademik mempelajari dan menguasai khazanah keilmuan yang bersumber dari kitab kuning, ” ujar Wagub, Kamis (19/10).

Lanjut wagub, kegiatan tersebut merupakan upaya untuk menggali dan mengkaji khazanah Islam yang terkandung dalam kitab kuning.

“Selain untuk mencari santriwan dan santriwati yang potensial serta meningkatkan kemampuan santri dalam memahami dan mendalami ilmu-ilmu agama Islam dan sumber kitab-kitab berbahasa Arab, juga untuk menjalin silaturahmi antar Pondok Pesantren yang ada di Provinsi Jambi,” Kata Wagub.

Lebih lanjut Wagub menjelaskan, melalui ajang MQK Tingkat Provinsi Jambi tersebut dapat mengangkat kembali citra pondok pesantren sebagai kawah candra dimuka untuk penggembelengan santri-santri dalam menguasai kitab kuning yang akan menjadi modal untuk regenerasi ulama.

“Para santri ini harus bisa menguasai kitab kuning sebagai modal melanjutkan regenerasi para ulama,” Pungkasnya. (Tresno)

 

Komentar Akun Facebook